Pengadaan APK Ngaret

17
DISKUSI. Ketua KPU Kota Tasikmalaya Ade Zaenul Mutaqin (kiri) berdiskusi dengan komisionernya H Bambang Setiawan, Selasa (30/10).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Setelah lebih dari sebulan masa kampanye berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengedarkan alat peraga kampanye (APK). Sebelumnya diprediksi rampung akhir Oktober, namun belum tersedia sampai Selasa (30/10).

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Ade Zaenul Mutaqin menjelaskan bahwa rencananya sebelum tanggal 30 Oktober APK sudah siap diedarkan. Akan tetapi sampai kemarin masih dalam proses cetak. KPU pun beberapa kali mendapat pertanyaan dari parpol terkait APK. Namun demikian hal ini bukan persoalan yang bersifat lokal. Melainkan nasional. “Jadi urusannya dengan KPU pusat,” tuturnya.

Diakui Ade, idealnya APK sudah bisa dipasangkan sejak awal masa kampanye. Namun aturan terkait APK setiap pemilu kerap direvisi khususnya soal anggaran. “19 Oktober baru keluar pengumuman lelang, saat ini sudah diproses cetak,” ujarnya.

Pihaknya berharap pencetakan APK bisa secepatnya rampung dan bisa diedarkan. Diprediksi pertengahan November APK sudah bisa disebar ke parpol-parpol yang menjadi peserta pemilu legislatif (pileg). “Mudah-mudahan lebih cepat. Diperkirakan sekitar dua minggu,” terangnya.

Saat ini, KPU pun tengah disibukkan dengan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Pemutakhiran (DPT HP). Dijadwalkan sebelum pertengahan November pihaknya sudah bisa melaksanakan Pleno DPT. “Sekarang masih rekap di tingkat PPS,” jelas dia. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.