Pengadaan ASN, CPNS 30 Persen, P3K 70 Persen

58
BUKA LOWONGAN. Pemkab Pangandaran akan membuka kembali rekrutmen CPNS dan P3K tahun ini. (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan kembali merekrut CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun ini.

Kabid Pengembangan Kompetensi dan Informasi BKPSDM Kabupaten Pangandaran Sofyan Tanjung mengatakan tes CPNS dan P3K akan diselenggarakan kembali secara nasional.

”Jadi rasio kuota untuk tes CPNS sekitar 30 persen dan 70 persenya untuk P3K,” jelasnya kepada Radar, Selasa (11/6).

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah menyusun formasi kekurangan jabatan di lingkungan Pemkab Pangandaran. Untuk selanjutnya diajukan ke bupati dan Menpan-RB. ”Formasi hanya untuk CPNS dan P3K, kebutuhannya kami tengah susun,” katanya.

Terkait jadwal pelaksanaan tes, kata dia, kemungkinan antara September dan Oktober. Tetapi lebih tepatnya belum ditentukan. ”Nantinya apakah pelaksanaan tes CPNS dan P3K akan dibarengkan, itu juga belum pasti,” ucapnya.

Sofyan menambahkan Pemkab Pangandaran memang sangat membutuhkan tambahan PNS, mengingat jumlah PNS yang ada saat ini jauh dari kata ideal.

”Berdasarkan analisis jabatan yang dilakukan, kebutuhan PNS kita mencapai 8.000 orang, sementara jumlah yang ada sekitar 3.000 lebih,” katanya.

Rekrutmen P3K, menurut dia, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi menutupi kebutuhan tersebut. ”Itu jelas, karena kuota rekrutmen CPNS yang kita terima, selalu jauh dari apa yang kita ajukan. Sehingga penambahan pegawai berstatus P3K bisa membantu,” ucapnya.

Sedangkan bagi P3K yang lolos tes bulan Februari lalu, hingga saat ini belum dilakukan pemberkasan. ”Regulasinya belum turun, akibatnya hingga saat ini mereka belum melaksanakan kegiatan,” ungkapnya.

Jika lowongan P3K sebelumnya dikhususkan untuk honorer K2, maka upelaksanaan tes P3K yang akan datang dibuka secara umum.

Salah seorang warga pangandaran, Mustofa (34) sangat mengharapkan adanya tes CPNS di Pangandaran. ”Siapa tahu saya bisa lolos,” harapnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.