Pengamat: Gaya Uu Tak Berubah

431

SINGAPARNA – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sebenarnya tak perlu memberikan penawaran bagi pegawai untuk berikhtiar kepada pimpinan ketika ingin dirotasi, mutasi dan promosi jabatan. Karena untuk melakukan perombakan pejabat itu sudah jelas aturan dan kriterianya. Hal itu diungkapkan Pengamat sosial, politik dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam kepada Radar, Jumat (13/7).

“Dalam menentukan rotasi, mutasi dan promosi ini seharusnya bupati melihat dari sisi prestasi, kemampuan, pengalaman, kejujuran dan latar belakang pendidikan pegawai. Bukan dengan cara menawarkan diri untuk berikhtiar atau meminta jabatan kepada pimpinan. Gaya Uu sejak dulu tidak berubah, selalu mengundang wacana publik,” paparnya.

Kata Asep, tawaran bupati terhadap pegawai untuk berikhtiar kepada pimpinan harus ada penerjemahaan yang jelas, supaya tidak menjadi multitafsir. “Kalau pernyataan ikhtiar itu positif perlu diapresiasi, tapi kalau maknanya negatif harus dikritisi. Mudah-mudahan saja positif,” terangnya.

Seharusnya, terang dia, seorang pemimpin bisa merangkul pegawainya untuk berlomba-lomba dalam bekerja, sehingga bisa meraih jabatan yang diinginkan dan pengembangan karier.

Sehingga dalam rotasi, mutasi dan promosi jabatan bisa sesuai dengan peraturan.
Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tasikmalaya Asep Abdul Rofiq menambahkan pernyataan ikhtiar yang dikeluarkan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum terkesan ada tafsir kurang baik.

“Kalau menurut saya ikhtiar kata bupati, seolah menyerahkan semuanya kepada bupati atau asal bapak senang (terkait kebijakan rotasi mutasi dan promosi, Red),” tandasnya.

Terpisah, Ketua GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Muslim mengingatkan kepada bupati untuk selalu serius dalam melakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan. Karena ini akan menentukan kemajuan daerah. “Jadi bukan masalah suka tidak suka tetapi harus sesuai dengan kemampuan atau latar pendidikannya,” paparnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.