Pengawas TPS Ujicoba Aplikasi Siswaslu, Sempat Terkendala saat Login Aplikasi

369
APLIKASI. Pengawas TPS mencoba aplikasi Siswaslu Rabu (11/4). Mereka menemui kendala saat login. (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Purwaharja melakukan ujicoba penggunaan aplikasi Sistem Pengawas Pemilu (Siswaslu). Saat ujicoba, PTPS sempat mengalami Kendala. Mereka kesulitan masuk ke dalam aplikasi Siswaslu.

“Kita akui ada kendala saat melakukan ujicoba aplikasi Siswaslu, karena ini (ujicoba) dilakukan secara serentak,” ujar Ketua Panwascam Purwaharja Yayat Hidayat kepada wartawan usai Bimtek PTPS dan Ujicoba Siswaslu di salah satu rumah makan Kamis (11/4).

Menurut dia, kendala tersebut karena petugas PTPS tidak bisa menginput data identitas atau saat login.

“Hal ini tentu harus diantisipasi supaya tidak terjadi saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara nanti. Karena petugas PTPS nanti akan melakukan pelaporan pengawasan menggunakan aplikasi, mulai dari masa tenang, pendistribusian kotak dan surat suara hingga pengembalian logistik ke kantor KPU lagi,” ungkapnya.

Dirinya berharap Bawaslu pusat lebih mempersiapkan dan mengoptimalkan server supaya tidak ada kendala saat pemungutan dan penghitungan suara.

“Meski ada solusinya dilakukan secara manual, namun alangkah baiknya dimaksimalkan dari sekarang,” kata dia.

Salah satu petugas PTPS Ke­camatan Pur­waharja Te­ma mengaku me­ngalami kendala saat hendak login aplikasi Siswaslu.

“Ya mudah-mudahan nanti mah harus lancar, tidak ada masalah dan kendala apapun saat kita melakukan pelaporan, karena kalau manual agak ribet,” ungkapnya. (nto)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.