Pengelolaan Wisata CI Diserahkan ke Swasta

476

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Garut menyerahkan pengelolaan Objek Wisata Cipanas Indah (CI) kepada pihak swasta. Hal itu dilakukan karena objek wisata ini sudah tidak memiliki nilai jual.

“Dari segi fasilitasnya, seperti kamar hotel dan menurunnya kadar sumber air panasnya sehingga tidak ada lagi daya saing untuk hotel ini,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan Sabtu (3/11).

Kondisi tersebut, kata dia, berdampak pula dengan pemasukan daerah yang dihasilkan dari objek wisata ini. “Malahan selalu mengalami defisit atau minus Rp 300 juta per tahunnya,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya mengambil sikap untuk menyerahkan pengelolaan salah satu objek wisata milik Pemkab Garut ini ke pihak swasta.

Langkah itu juga dilakukan untuk mendongkrak potensi wisata sekaligus memberikan keuntungan tambahan pendapatan asli daerah (PAD).

“Mulai 1 November ini sudah ke mereka (swasta). Pemenangnya (lelang) investor lokal,” terangnya.

Ia mengatakan kerja sama pengelolaan wisata tersebut diawali dengan pembangunan kawasan wisata dengan sistem kontrak sebesar Rp 300 juta per tahun. Selanjutnya, dia, setiap tahun pembayaran kontraknya akan meningkat.

“Tiap tahun kita mendapatkan keuntungan minimal Rp 300 juta, nanti setelah 30 tahun yang sudah dibuat nanti milik pemda. Sekarang tahapannya disewa dulu,” paparnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.