Pengemis Musiman Diprediksi Datangi Banjar Jelang Lebaran

87
0
KOMPAK. Kabid Gakda Satpol PP Kota Banjar Asep Tarno bersama anggotanya.

BANJAR – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjar tidak akan langsung menindak masyarakat yang sengaja memberikan uang kepada pengemis, anak jalanan atau gelandangan.

Seperti diketahui, memberikan uang kepada pengemis melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

“Kita akan langsung amankan jika terjaring (pengemis, Red). Namun saat ini baru akan melakukan sosialisasi dulu ke masyarakat, kan perda-nya baru,” ujar Kepala Bidang Penegakan Perda Dinas Satpol PP Kota Banjar Asep Tarno Kamis (16/5).

Menurut dia, saat ini jumlah pengemis, anak jalanan atau gelandangan belum terlihat signifikan. Pihaknya belum melakukan operasi atau razia pengemis. Dia memprediksi mendekati Idul Fitri akan banyak bermunculan di pusat Kota Banjar.

Untuk menangani hal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak toko modern. “Kita petakan dulu titik mana saja yang biasa banyak pengemis musiman berkeliaran di Kota Banjar. Karena sejauh ini hanya ada beberapa orang saja yang terlihat di sekitar pusat perbelanjaan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat diminta tidak memberikan uang kepada gelandangan, pengemis atau anak jalanan di Kota Banjar.

Hal tersebut sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kota Banjar Asep Tatan mengatakan dalam pasal 71 ayat 1 disebutkan setiap orang yang melanggar ketentuan atau menjadi pengemis jalanan, anak jalanan, gelandangan, kegiatan sejenis serta dengan sengaja memberikan sejumlah uang akan kena sanksi dan denda.

“Diancam dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling besar Rp 500 ribu setiap kali melakukan hal tersebut,” ujarnya kepada wartawan Rabu (15/5). (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.