Penggiat Anti Narkoba Harus Jadi Inspirator di Masyarakat

Relawan Desa Jaya Giri yang Pertama Didirikan BNNK Ciamis

281
BNN Kabupaten Ciamis sosialisasi di Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, Minggu (15/4/2018). foto istimewa

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis bersama Pemerintah Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, menggelar sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Kegiatan yang dihelat di Aula Kantor Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan, Minggu (15/4/2018), sekaligus dilakukan pengukuhan Relawan dan Penggiat Anti Narkoba.

Sebanyak 125 orang peserta yang hadir, merupakan perwakilan dari Ibu-Ibu penggerak PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda Karang Taruna Desa Jayagiri, serta dihadiri pula oleh Kepala Desa Jayagiri, Ketua BPD, LPM, Kapolsek Panumbangan, Danramil Panumbangan, Babinsa dan Babinmas Panumbangan.

Kepala Desa Jayagiri, Anas Sutawan B Sc, dalam sambutannya mengapresiais kepada semua pihak yang telah ikut dalam kegiatan.

Tujuannya tak lain mengantisipasi sedini mungkin kepada masyarakat Jayagiri supaya tidak terjerumus kedalam masalah narkoba, terutama bagi pemuda Desa Jayagiri.

Kepudulian ini juga turut didukung oleh H Agus, salah seorang tokoh masyarakat Desa Jayagiri yang begitu konsen terhadap bahaya narkoba, yang saat ini sudah mengkhawatirkan semua pihak, dengan mendorong para pemuda desa Jayagiri kedalam satu kelompok yang bergerak dibidang pembudidayaan ikan tawar jenis ikan Bawal.

“Dengan adanya model kelompok ini bisa mengarahkan para pemuda kepada hal yang positif dan menambah hasil guna bagi pemuda itu sendiri, dan lebih luas kepada masyarakat Desa Jayagiri,” ujar Anas.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kabupaten Ciamis, Deny Setiawan S Sos MM, bahwa Penggiat Anti Narkoba merupakan mitra kerja BNN yang memiliki kemauan dengan sukarela melakukan upaya sinergitas program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri.

“Dalam kegiatan ini, Kami juga melaksanakan insert konten dengan membagikan berupa kaos dan pin kepada Relawan dan Penggiat Anti Narkoba, sebagai bahan kontak dalam melaksanakan program Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M),” katanya.

Dengan adanya Relawan dan Penggiat Anti Narkoba ini, lanjut Deny, masyarakat sekitar dapat menyampaikan permasalahan narkoba dan melaporkan ke BNNK Ciamis jika disinyalir terjadi peredaran gelap narkoba di wilayahnya.

Relawan dan Penggiat anti narkoba tingkat desa ini, merupakan yang pertama kalinya berdiri di Desa Jayagiri.

“kedepannya diharapkan kelurahan- kelurahan dan desa- desa yang lain dapat mengikuti dan aktif menggiatkan P4GN di wilayahnya masing-masing agar masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaan relawan dan penggiat anti narkoba, “ harap Deny.

Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis, Aris Nuryana S Sos menambahkan, bahwa Relawan dan Penggiat Anti Narkoba memiliki peran vital dan tanggung jawab dalam menjadikan masyarakat serta lingkungannya bisa bebas dari narkoba.

Bentuk peran aktif dari Relawan dan Penggiat Anti Narkoba bisa mulai dari melakukan penyuluhan, arahan dan bimbingan serta pelaporan apabila menemukan kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba dengan menjalin komunikasi pada BNN.

“Kami menyampaikan solusi bagi para pecandu narkoba untuk mengikuti rehabilitasi,” ujar Aris.

Sementara itu, Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara SH, menjelaskan  bahwa daya rusak kejahatan Narkoba lebih serius dibandingkan Korupsi dan Terorisme.

Sehingga, kata dia, Penggiat Anti Narkoba harus mampu menjadi inspirator bagi masyarakat secara luas.

“Sehingga, para kader ini nantinya bisa membangkitkan masyarakat agar tergerak dan melakukan langkah masif baik dalam upaya pencegahan dan juga pemberantasan penyalahgunaan narkoba, sesuai dengan peran dan potensinya masing-masing,” tandasnya.

Yaya menjelaskan, pentingnya langkah nyata dalam upaya pencegahan yang dilakukan secara efektif dan menjangkau berbagai level masyarakat. Dimana kondisi tersebut saat ini belum maksimal dapat dilakukan, sehingga kerjasama yang optimal antar kelompok masyarakat menjadi kunci utamanya.

“Sinergitas yang sudah dijalin antara pemerintah Desa Jayagiri dengan BNNK Ciamis harus terus ditingkatkan dan berkesinambungan. Semoga Relawan dan Penggiat Anti Narkoba yang sudah dikukuhkan bisa bersinergi dalam upaya P4GN untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis terbebas dari Penyalahgunaan Narkoba,” pungkas Yaya. (rls)

loading...