Penggunaan Atap Baja Ringan di SDN Sukadana Ciamis Harus Dievaluasi

40
0
istimewa EVAKUASI. Masyarakat dibantu kepolisian, TNI gotong royong melakukan evakuasi tiga atap bangunan SDN 1 Sukadana yang ambruk, Sabtu (2/1).

CIAMIS – Ambruknya atap SD Negeri 1 Sukadana Kabupaten Ciamis yang menggunakan baja ringan cukup menyita perhatian.

Banyak yang menilai bangunan yang sudah menggunakan atap modern ini harus dievaluasi, sehingga bisa diketahui sumber permasalahannya.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Cepi  menerangkan, kerusakan tiga ruang kelas 4,5 dan 6 ini cukup parah, hampir semua atap ambruk dan tidak ada yang bisa diselamatkan, beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Karena bangunan sedang kosong.

Kata dia, kejadian atap sekolah ambruk itu karena hujan deras, kemudian beban berat dari genting tanah yang digunakan. Sehingga kontruksi baja ringan yang terpasang tidak mampu menaham beban dan langsung ambruk.

Baca juga : 13 Rumah Warga Panawangan Ciamis Terancam Ambruk, Penghuni Dievakuasi

“Seharusnya kalau atap baja ringan, gentingnya juga khusus, tidak menggunakan dari bahan tanah,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis Syarif Sutiarsa mengatakan, atap yang pakai baja ringan baik sekolah atau RSUD Ciamis ini ambruk, semuanya rata-rata menggunakan genting tanah liat biasa. Sehingga, kemungkinan baja ringan tidak mampu menahan bebannya.

“Kejadian-kejadian seperti ini selalu berulang terjadi, atap baja ringan yang memakai genting tanah banyak kejadian ambruk. Artinya ini harus menjadi bahan evaluasi semua bangunan yang pakai baja ringan, jangan sampai membahayakan nantinya,” paparnya.

Anggota Komisi D DPRD kabupaten Ciamis Bidang Kesejahteraan Rakyat Agus Rohimat menambahkan, pihaknya akan mendorong pemerintah daerah melakukan percepatan pembangunan yang mengalami kerusakan.

“Ini semua harus segera dilakukan, karena kegiatan belajar mengajar dalam waktu dekat akan dilaksanakan di sekolah,” tambahnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.