Tegakkan Aturan, Akan Jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas

Pengkolan Bebas dari Parkir Liar

38
0
DIANGKUT. Anggota Satlantas Polres Garut mengangkut sepeda motor yang ketahuan parkir sembarang di Jalan Ahmad Yani atau daerah Pengkolan Kecamatan Garut Kota Senin (15/7).

GARUT KOTA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut akan menjadikan sepanjang Jalan Ahamad Yani atau daerah Pengkolan kawasan tertib lalu lintas (KTL). Saat ini, Satlantas Polres Garut bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Garut tengah melakukan penertiban parkir liar di kawasan tersebut.

“Kita tertibkan dulu PKL dan parkir liarnya, sebelum nanti sepanjang jalan ini menjadi KTL,” ujar Kasat Lantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro kepada wartawan di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Garut Kota Senin (15/7).

Menurut dia, penertiban parkir liar di wilayah Pengkolan baru dilakukan satu hari dan akan terus berlanjut sampai Jalan Ahmad Yani bebas dari parkir liar.

Kata dia, kendaraan yang parkir sembarangan ditertibkan karena mengganggu pengguna jalan dan melanggar Undang-Undang Lalu Lintas. “Kita akan tegakkan aturan, kalau ada kendaraan yang melanggar lalu lintas tentu akan ditilang,” katanya.

Sementara itu, pada penertiban kemarin belasan kendaraan ditilang dan diamankan ke Polres Garut. Tindakan diberikan untuk membuat efek jera terhadap pengendara, sehingga tidak parkir sembarang. “Penertiban ini akan terus dilakukan setiap hari, sehingga arus lalu lintas di sepanjang jalan ini (Ahmad Yai) menjadi tertib juga,” terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman mengatakan penertiban kendaraan yang parkir liar diprioritaskan di Jalan Ahmad Yani. “‘Kita mengamankan seluruh kendaraan yang ketahuan parkir di tempat terlarang, jika tidak ada orangnya kami angkut,” ujarnya.

Penertiban melibatkan petugas Dinas Perhubungan, Kepolisian Resort Garut dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut. Operasi parkir liar akan terus berlanjut untuk memberikan pemahaman dan mengedukasi masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas.

Dirinya mengimbau masyarakat, termasuk pemilik toko agar saling mengingatkan untuk tidak parkir di sembarang tempat karena melanggar aturan dan mengganggu kenyamanan orang lain. “Ini akan terus berlanjut sehingga ke depan tidak ada lagi parkir liar,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.