Beranda Edukasi Penguasaan Bahasa Bagus, 2 Pelajar Berprestasi Dikirim ke Jerman

Penguasaan Bahasa Bagus, 2 Pelajar Berprestasi Dikirim ke Jerman

205
BERBAGI
Fitri dan Az Zahra (tengah, berseragam) di dampingi orang tua, Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Tasikmalaya beserta jajarannya, berfoto usai acara pengumuman siswa berprestasi yang akan diberangkatkan ke Jerman, Kamis (05/04/2018). foto; salsabila / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – SMAN 3 Kota Tasikmalaya kembali mengirimkan dua siswa/i berprestasi mengikuti program Internasional Sommerkurs 2018 atau kursus musim panas 2018 di Eropa, khususnya Jerman.

Adalah Fitri Rahayu dan Az-Zahra Aulia Hasanah yang berhasil menduduki peringkat teratas dalam seleksi ujian bahasa Jerman tingkat A2 di SMAN 3 Tasikmalaya.

Atas prestasi tersebut, mereka berhak mendapatkan beasiswa Sommerkurs di Jerman selama tiga Minggu.

Salah satu guru bahasa Jerman di SMAN 3 Kota Tasikmalaya, Etty Sugyarti menyebutkan, program Sommerkurs merupakan program tahunan dari Pasch (Partner Schule) Goethe Institut.

Ia mengatakan, SMAN 3 Kota Tasikmalaya adalah satu-satunya mitra sekolah Pasch di wilayah Priangan Timur yang sudah menjalin kerjasama dengan Pasch dari tahun 2008.

Hingga sekarang, total sebanyak 35 siswa sudah diberangkatkan secara gratis ke Eropa untuk mengikuti Sommer/Winterkurs.

“Tak hanya program Sommer/Winterkurs di Jerman saja, banyak juga siswa/i kami yang ikut progam internasional lain seperti Sprachcamp (camping bahasa, red) tingkat nasional maupun internasional,” jelas Etty, Kamis (05/04/2018).

Etty menjelaskan, para siswa nantinya akan mengikuti Sommerkurs di Jerman bersama puluhan siswa berprestasi lainnya dari seluruh dunia. Kegiatan yang akan dilakukan pun beragam, dari mulai kursus bahasa Jerman, asah keterampilan, olahraga, kompetisi seni, liburan, dan masih banyak lagi.

Salah satu siswi yang akan terbang ke Jerman di bulan Juli mendatang, Fitri Rahayu mengatakan, dirinya tak mengira mendapat kesempatan untuk menginjakkan kaki di benua biru.

“Ngga nyangka bisa terpilih. Ya mudah-mudahan nanti disana bisa membawa nama baik sekolah melalui prestasi,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com.

Sementara itu, Ketua yayasan di SMAN 3 Kota Tasikmalaya, Prof Dr H Yus Darusman Drs MSi mengatakan, bagi siswa/i yang belum beruntung supaya tidak berkecil hati.

Sebab, kata dia, kesempatan untuk bisa berkunjung ke tanah Eropa masih terbuka lebar jika kemampuan bahasa Jerman mereka terus dikembangkan.

“Ya bahkan saya harap anak-anak SMAN 3 lanjut kuliah atau bekerja saja di Jerman. Karena mereka sudah punya modal yang paling utama yakni kemampuan bahasa,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com. (sal)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.