Pengusaha Tionghoa Tasik Hibahkan 1 Ha Lahan untuk Pemakaman Jenazah Corona

1118
1

KOTA TASIK – Para pengusaha keturunan Tionghoa asal Kota Tasik yang tergabung dalam Yayasan Bhakti, menghibahkan lahan seluas 1 hektar untuk pemakaman khusus jenazah corona, Senin (6/04).

Lahan berbentuk perbukitan yang jauh dari pemukiman warga tersebut berlokasi di dekat bangunan krematorium Kampung Cisapi Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.

Penyerahan tanah hibah itu dilakukan langsung oleh pemilik lahan sekaligus pengusaha Tjandra Tjahjadi dan Tjong Djien Mien kepada Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, Minggu (5/04) sore di Balekota.

“Ini berawal dari kondisi adanya penolakan jenazah corona beberapa waktu lalu,” ujar Pengurus Yayasan Bhakti sekaligus Anggota DPRD dari Partai Nasdem Kota Tasik, Tjahja Wandawa kepada radartasikmalaya.com, Senin (6/04) sore.

“Yayasan Bhakti yang salah satu pengurusnya Ko Acong tergugah hatinya untuk menghibahkan lahan 1 hektare di Cisapi, Kawalu, dijadikan pemakaman khusus corona. Kami sudah serahkan kemarin malam saat pertemuan dengan Pak Wali Kota Tasikmalaya langsung,” paparnya.

Selain pemakaman jenazah corona, terang Tjahja, lahan kosong satu hektar itu diperuntukan juga untuk orang tidak dikenal.

Diperkirakan lahan tersebut mampu menampung 1.000 kuburan secara gratis tanpa diperjualbelikan.

“Memang luas lahan berupa gunung tersebut itu berdekatan dengan krematorium lokasinya dan jauh dari pemukiman masyarakat,” tandanya.

Lahan tersebut, kata dia, kedepannya akan dibuatkan jalan menuju lokasi, dimana semuanya itu urusan pemerintah daerah. “Yayasan Bhakti hanya bisa memberikan lahan, terutama untuk kemanusiaan,” terangnya.

Dia menambahkan, ini dilakukan agar jika nantinya ada kasus serupa jenazah corona, tak akan kesulitan lagi mencari tempat pemakaman dan tak akan adalagi unsur penolakan dari berbagai pihak.

“Kami secara sukarela menyerahkan lahan itu kepada pemerintah daerah agar digunakan oleh masyarakat. Tetapi lahannya khusus para korban corona dan orang tidak dikenal. Jadi pemerintah daerah nantinya tak akan kesulitan dalam melakukan penguburannya,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. semoga kebaikan bapak yg menghibahkan tanah utk pemakaman mendapat balasan kebaikan dari sang pencipta, diberikan kesehatan & limpahan rezeki
    Aamiin….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.