Soal Wabup, Ade Sugianto Tak Berbicara Personal

Pengusulan Cawabup Tunggu PAN

30
H Demi Hamzah Rahadian SH MH

SINGAPARNA – Hingga saat ini, partai pengusung Uu-Ade pada Pilkada 2015, PAN, PDI Perjuangan dan PKS belum kunjung mengusulkan nama calon wakil bupati (cawabup) ke DPRD. Masih menunggu PAN yang belum mengumumkan dan mengusulkan satu nama cawabupnya.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Tasikmalaya Dadi Supriadi mengatakan setelah pengumuman Tetep Abdulatif, pihaknya belum merencanakan pertemuan dengan bupati dan PDI Perjuangan. Karena, akan lebih dulu berkomunikasi dengan PAN untuk mendengarkan cawabupnya.

“Kami tunggu dulu PAN mempublikasikan cawabupnya. Sehingga kami di partai pengusung bisa segera mengusulkannya ke DPRD dalam pengisian jabatan wabup bersama-sama,” terangnya.

Lanjut Dadi, soal pengisian jabatan wabup ini memang sekarang kuncinya ada di partai pengusung. Karena, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto sudah membuka diri dan menyerahkan semuanya kepada partai pengusung dan mekanisme DPRD dalam penentuannya.

“Sekarang tinggal partai pengusung memanfaatkan momen bupati yang sudah membuka diri dalam pengisian jabatan wabup dengan segera mengusulkan dua nama,” paparnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya H Demi Hamzah Rahadian SH MH menjelaskan soal pengisian jabatan wakil bupati bukan merupakan ranah eksekutif atau bupati, melainkan kewenangan dari partai pengusung yang mengusulkan dua nama cawabup.

“Kita bicara partai pengusung, PDI Perjuangan, PAN dan PKS. Jadi soal pengisian wabup ini tidak berbicara personal atau Pak Ade Sugianto sebagai bupati. Sejauh ini kami selalu menegaskan bahwa PDI Perjuangan dan Pak Ade tidak pernah menutup diri dalam pengisian wabup yang diusulkan PAN dan PKS,” jelasnya saat dihubungi Radar, tadi malam.

Kata Demi, pernyataan Ade Sugianto sebagai bupati akan berbeda dengan posisinya di ketua partai. Kemudian, bupati tidak mempunyai kewenangan untuk memilih wakil bupati. Melainkan partai pengusung mengusulkan dua nama melalui bupati dan diserahkan ke DPRD untuk dipilih.

“Pak Ade kalau sebagai ketua partai akan bersikap kolektif kolegial. Jadi keputusan yang diambilnya (dalam pengisian jabatan wakil bupati, Red) harus diputuskan pada rapat internal partai, jadi tidak sendirian,” katanya.

Lanjut Demi, sampai saat ini pihaknya belum ada pertemuan dengan PKS yang sudah mempublikasikan Tetep Abdulatif sebagai cawabupnya. Termasuk dengan PAN pun yang belum mengumumkan calonnya belum ada pertemuan lagi. “Ya mudah-mudahan bulan ini ada pertemuan dengan PAN dan PKS,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Tasikmalaya Daud Ripai terkait kapan mempublikasikan cawabupnya, melalui sambungan telepon belum memberikan jawaban. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.