Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%
Dewan Segera Bentuk Panitia Teknis Pemilihan Wakil Bupati

Pengusulan Wabup Tasikmalaya Jangan Molor Lagi

39
0

SINGAPARNA – DPRD Kabupaten Tasikmalaya segera melakukan tahapan pemilihan calon wakil bupati (wabup) antara Deni R Sagara atau Heri Ahmadi apabila Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto sudah mengirimkan berkas pengusulannya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ami Fahmi ST mengatakan, pihaknya akan bergerak menindaklanjuti pengusulan pengisian wabup setelah berkas usulan dari partai koalisi dan bupati Tasik diterima dewan. Namun, sampai saat ini pihaknya belum menerima berkas usulan dua nama tersebut.

“Ya kita akan bentuk panitia teknis (pantek) DPRD untuk memproses pengisian jabatan wakil bupati. Tapi pembentukan itu atas dasar berkas usulan wabup dari partai pengusung termasuk bupati. Sampai saat ini kita belum terima usulannya, jadi belum dibentuk pantek-nya,” katanya saat dihubungi Radar, Selasa (3/12).

Sebetulnya, kata Ami, pada masa anggota dewan 2014-2019 sudah dibentuk pantek untuk pemilihan wakil bupati. Namun, karena pengusulan dari partai pengusung dan bupati tidak kunjung ada dan masa jabatan anggota dewanya sudah habis, lalu dibubarkan.

“Jadi nanti kalau kita mendapatkan surat pengusulan dari pengusung dan bupati, siap tidak siap ya harus dibentuk lagi tim pantek DPRD. Dengan keanggotaan dewan periode 2019-2024,” terang Ami.

Intinya, kata Ami, bagaimana selanjutnya DPRD membentuk kembali pantek baru dengan anggota dewan periode 2019-2024. Nanti, pembentukan pantek ini lewat Banmus dan keanggotaannya akan diumumkan lewat paripurna DPRD.

Ami menjelaskan pantek itu terdiri dari beberapa perwakilan anggota fraksi di DPRD, untuk jumlahnya bisa tujuh anggota bahkan lebih. “Jadi anggota pantek ini, bisa sesuai jumlah fraksi di DPRD, bisa juga perwakilan dua orang per fraksi, seperti pansus lah,” jelas dia.

Tugas pantek ini, lanjut dia, dalam tahapan mekanisme pengisian jabatan wakil bupati, sebenarnya tinggal melanjutkan saja rumusan yang sudah dibuat, tidak dari nol lagi. “Karena pantek yang dibentuk sebelumnya sudah bekerja setengah jalan, jadi mekanisme dan tata cara pemilihan sudah disusun, tinggal melanjutkan saja pantek baru yang akan dibentuk nanti,” papar dia.

Lanjut dia, mekanisme pemilihan dua nama wakil bupati akan dibahas oleh pantek, baik itu menggunakan sistem voting atau aklamasi musyawarah mufakat, tergantung nanti keputusan dari tim pantek ini seperti apa mekanismenya.

“Artinya, dari dua nama yang diusulkan partai koalisi dan bupati, dipilih satu lewat mekanisme dan tahapan yang dilakukan pantek di DPRD. Harapannya segera diisi, jabatan wakil bupati ini, dengan adanya kekosongan ini pemerintahan tidak berjalan seimbang, apalagi sekda definitif belum ada, pemerintahan dijalankan oleh bupati saja, berat,” tambah dia.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi menyambut positif kesepakatan diisinya jabatan wakil bupati antara partai pengusung dan pendukung Uu-Ade bersama Bupati Tasik Ade Sugianto.

“Pada prinsipnya kita menyambut positif, karena pekerjaan bupati itu tidak mudah, memimpin 1,7 juta orang oleh sendiri, perlu kerja cerdas dan cermat. Tentunya melihat pelayanan kepada masyarakat, kalau ada wabup bisa berbagi tugas,” kata dia.

Asep mengakui bahwa DPRD bukan sekadar mau mendengar saja kesepakatan yang dibangun partai koalisi dengan bupati. Akan tetapi, progres nyata segera menyerahkan berkas usulan ke DPRD, jika memang mau diisi. Jangan sampai setelah disepakati malah tertunda lagi. “Kita juga bisa mulai bergerak ketika sudah ada bukti nyata dengan menyerahkan berkas usulan,” katanya.

Sebenarnya, kata Asep, DPRD pun sudah banyak menerima dorongan dari berbagai pihak termasuk masyarakat yang ingin posisi wakil bupati ini diisi. “Sudah banyak orang yang mendorong, bahwa pengisian wabup penting, bukan karena koalisi punya kepentingan, bukan, ini kepentingan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” kata Asep. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.