Penolakan RUU HIP di Kota Banjar Terus Bergulir

204
0
UNJUK RASA. Massa dari LSM GMBI menyampaikan aksi di depan DPRD Banjar Kamis (2/7). Mereka menyampaikan penolakan rancangan RUU HIP. Cecep herdi / radar tasikmalaya
UNJUK RASA. Massa dari LSM GMBI menyampaikan aksi di depan DPRD Banjar Kamis (2/7). Mereka menyampaikan penolakan rancangan RUU HIP. Cecep herdi / radar tasikmalaya

BANJAR – Ratusan massa dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kota Banjar mendatangai gedung DPRD Banjar Kamis (2/7).

Mereka menuntut supaya Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dibatalkan dan tidak boleh dibahas lagi oleh DPRD RI.

Dalam aksinya, massa membawa kentongan dan memukulnya hingga aspirasi mereka tersampaikan melalui empat anggota DPRD Banjar.

“Kami membawa kentongan ini karena sebagai simbol bahwa kondisi negara sedang darurat. Rancangan RUU HIP harus dibatalkan,” kata Ketua DPD LSM GMBI Kota Banjar Nesa Hadi dalam orasinya Kamis (2/7).

Baca Juga : Penderita HIV di Kota Banjar Bertambah

“Ada empat pernyataan yang kami sampaikan dalam aksi ini di gedung DPRD Kota Banjar. Pertama tolak pembahasan RUU HIP dan juga Legislasi RUU HIP. Kedua tolak RUU HIP dari Prolegnas. Ketiga DPRD Banjar harus menekan DPR RI agar segera mencabut RUU HIP. Terakhir Ideologi Pancasila adalah harga mati,” ungkap Nesa.

Sebelum melakukan orasi, massa hampir memanas dengan aparat. Massa yang ingin membakar ban dihalangi aparat, ban yang rencananya akan dibakar akhirnya diamankan aparat gabungan.

Baca Juga : Hasil Rapid Test Reaktif, 14 ASN Pemkot Banjar Langsung di-Swab Test

“Tidak boleh ada bakar-bakar ban, silakan sampaikan aspirasi dengan tertib supaya situasi tetap kondisif,” ungkap Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny.

Sementara itu, empat anggota DPRD yang menerima massa sepakat untuk menyampaikan ke pimpinan DPRD Banjar.

“Semua aspirasi ini akan segera kami sampaikan ke pimpinan DPRD Banjar dengan harapan bisa disampaikannya ke DPR RI nantinya,” ungkap Dalijo. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.