Penuhi Kebutuhan Air, P3A Bangun Irigasi di Dusun Citamiang

183
0

LAKBOK – Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dusun Citamiang RT 01 RW 01 Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok membangun saluran daerah irigasi. Proyek ini sudah dikerjakan sekitar satu bulan. Hingga Minggu (21/7), progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen.

Ketua P3A Citamiang Harun menerangkan, panjang irigasi yang dibangun itu mencapai 230 meter. Progres pengerjaan sudah mencapai 80 persen. Irigasi ini mampu mengairi persawahan seluas 43 hektare. “Kami dipercaya mengerjakan pembangunan ini bersama masyarakat. Apalagi ini merupakan program pemerintah pusat melalui BBWS Citanduy. Tentunya kami sangat apresiasi,” kata Harun kepada Radar.

Menurut dia, saat ini di Desa Cintaratu hanya ada tiga pintu air dan saluran yang sedang dibangun saat ini adalah yang keenam di Kecamatan Lakbok. Diharapkan pemerintah terus memperhatikan pembangunan saluran air untuk menunjang para petani. “Harapannya kebutuhan air akan terus terpenuhi,” kata dia.

Ahmad (50), seorang petani mengapresiasi pembangunan saluran irigasi karena bisa membantu pasokan air di musim kemarau. Bila kebutuhan air terpenuhi, maka tanaman padi pun akan tumbuh baik. “Kalau airnya banyak tanaman padi tumbuh dengan baik, kalau di musim kemarau seperti saat ini, sulit dan bisa gagal panen karena kekeringan,” tuturnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.