Penuhi Kebutuhan, Sapi Dikirim dari Luar Daerah

148
0
PEMERIKSAAN. Petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar memeriksa sapi di salah satu kandang milik peternak di Kota Banjar. Cecep herdi / radar tasikmalaya
PEMERIKSAAN. Petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar memeriksa sapi di salah satu kandang milik peternak di Kota Banjar. Cecep herdi / radar tasikmalaya

BANJAR – Jelang Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar menyiapkan sekitar 1.000 ekor sapi, 300 kambing dan 600 ekor domba siap potong. Khusus untuk sapi, kebutuhan tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Tahun lalu sebanyak 900 ekor.

“Untuk kebutuhan sapi sebagian dikirim dari luar,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Banjar drh Iis Meilia. Sapi-sapi itu akan diambil dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Ciamis dan Tasikmalaya.

Ia mengatakan untuk kegiatan Idul Adha, pihaknya akan melaksanakan pemeriksaan hewan sebelum dipotong (antemortem) dalam waktu dekat. Pemeriksaan dilakukan supaya hewan kurban yang disembelih sehat dan aman dikonsumsi.

Selain itu bebas dari penyakit hewan yang dapat menular ke tubuh manusia, contoh penyakit anthrax. “Sejauh ini hasil pantauan di lapangan kepada para peternak lokal, tidak ada penyakit hewan yang berbahaya baik pada sapi, kambing maupun domba,” katanya.

Ia mengimbau para peternak memberikan obat cacing kepada hewan yang sudah disediakan gratis oleh pihaknya. Sebaiknya, kata dia, pemberian obat cacing dilakukan dua bulan sebelum hewan kurban dipotong.

“Untuk pengendalian penularan penyakit hewan yang berasal dari luar Banjar, kami akan melakukan pengendalian lalu lintas ternak, kemudian mengecek kesehatan hewan dari daerah asal dan melakukan pemeliharaan secara langsung,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.