Lokomotif Mutiara Ngadat di Manonjaya

Penumpang Tertahan Tiga Jam

182
1
MOGOK. Lokomotif Kereta Api (KA) Mutiara mogok di wilayah Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya Jumat (16/5). Hal ini menyebabkan penumpang harus tertahan selama tiga jam. Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

TASIK – Lokomotif Kereta Api (KA) Mu­tiara mengalami kendala dan mogok di wilayah Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya Jumat (16/5). Penumpang pun tertahan lebih dari tiga jam sampai pihak PT KAI mengganti lokomotif tersebut.

Dari informasi yang dihimpun Radar, Kereta Api Jurusan Surabaya -Bandung itu bermasalah melintas di Desa Kamulyan di Manonjaya. Lokomotif si ular besi mengalami masalah dimana mesinnya terbakar.

Manager Humas Daop 2 Bandung Noxy Citrea mengakui insiden tersebut. Pihaknya mendapat laporan dari masinis sekitar pukul 05.54 yang menyebutkan bahwa lokomotif mengalami gangguan. “Hanya gangguan lokomotif saja,” ungkapnya saat dihubungi Radar.

Sekitar pukul 05.58, kondisi lokomotif tidak ditanggulangi sehingga masinis meminta lokomotif pengganti. PT KAI pun langsung mendatangkan lokomotif ke lokasi dan memasangkan ke gerbong KA Mutiara Selatan. “Lokomotof dikirim dari Bandung ke lokasi untuk mengganti lokomotif yang mengalami gangguan,” tuturnya.

Sekitar pukul 09.58, kondisi kembali terkendali, kereta sudah bisa melanjutkan perjalanan menuju Bandung. Pihak PT KAI memberikan insentif berupa service recovery berupa makanan dan minuman kepada penumpang atas ketidaknyamanan tersebut.

Disinggung seberapa parah kerusakan lokomotif tersebut, dia tidak memahami secara pasti. Namun demikian lokomotif tersebut akan dikirimkan ke Yogyakarta untuk diperbaiki. ”Masih dalam pemeriksaan, rencananya akan dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Disinggung efek kesiapan PT KAI menghadapi masa mudik-balik, pihaknya menyatakan siap. “Kami ada 29 lokomotif dan 252 gerbong kereta untuk melayani konsumen di masa Lebaran. Semuanya kita lakukan perawatan, supaya layak dan siap operasi,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya akan melakukan pengecekan lebih intensif. Diharapkan tidak ada kereta yang bermasalah ketika membawa penumpang mudik dan balik. “Kita lakukan harian, mingguan juga bulanan tergantung dari jenis pengecekan,” katanya.

Untuk kesiapan jalur pun, kata Noxy, perawatan juga dilakukan secara berkala. Supaya rel kereta tetap dalam kondisi aman dan nyaman dilalui. “Ada yang namanya Gempar atau Gerakan Pemeliharaan Bersama,” pungkasnya. (rga)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Permasalahan ini segera diatasi oleh PT KAI. Mereka langsung mendatangkan loko dari Bandung dan tentu butuh waktu untuk sampai tujuan. Gangguan tersebut juga tidak berdampak pada perjalanan kereta yg lainnya dan para pemumpang juga sampai tujuan dengan selamat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.