Beranda Rakyat Garut Penyimpanan Amunisi Kolonial Tak Terawat

Penyimpanan Amunisi Kolonial Tak Terawat

73
0
BERBAGI

BANYURESMI – Bunker kecil tempat penyimpanan amunisi yang dibangun kolonial Belanda tampak masih utuh. Terletak di sekitar Situ Bagendit. Kondisinya masih utuh menyatu dengan bangunan peninggalan Belanda lainnya. Dari informasi yang tertera pada papan keterangan, bunker itu dibangun pada tahun 1919.

Saat ini, tempat tersebut sering dikunjungi wisatawan Situ Bagendit yang penasaran dengan bentuk dan rupa tempat penyimpanan amunisi senjata tersebut. “Tak sedikit para pengunjung dari berbagai kalangan yang datang ke lokasi melihat-lihat tempat bersejarah tersebut,” ujar Kasubag TU UPTD Situ Bagendit Tatan Sutansah kepada Rakyat Garut, Selasa (13/3).

Pantauan Rakyat Garut, meski bentuknya masih utuh, tempat penyimpanan amunisi itu tampak tidak terawat. Bagian depannya dipenuhi rumput gajah. Menurut Tatan, Situ Bagendit memang masih menyimpan banyak peninggalan zaman penjajahan. Sebab, pernah juga ada warga yang menemukan mortir dan ratusan peluru di sekitar Situ Bagendit.

Dia meyakini di lokasi situ masih banyak tersimpan benda-benda peninggalan zaman kolonial yang belum terungkap. “Zaman Belanda dulu, ketika perang kemerdekaan, Bagendit dijadikan tempat penimbunan senjata. Sehingga banyak ditemukan peninggalan-peninggalannya. Seperti salah satu penyimpanan amunisi ini,” kata dia. (obi)

loading...

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.