Beranda Banjar Penyusunan APBDes Ditarget Dua Minggu

Penyusunan APBDes Ditarget Dua Minggu

70
BERBAGI
RAKOR. Plt Wali Kota Banjar drg Darmadji Prawirasetia MKes didampingi Sekda Kota Banjar dr Ade Setiana memimpin rapat koordinasi percepatan penyusunan APBDes di ruang rapat 2 Setda Kota Banjar kemarin. (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Plt Wali Kota Banjar drg Darmadji Prawirasetia melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh kepala desa dan camat se-Kota Banjar serta kepala Dinas PMDkapol di ruang rapat 2 Setda Kota Banjar Senin (9/4). Rapat dilakukan karena belum cairnya dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

Menurut Darmadji, rapat dilakukan sebagai upaya percepatan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Sebab, APBDes merupakan syarat pencairan DD dan ADD.

“Banyak kendala dalam penyusunan APBDes,” ujarnya usai rapat.

Menurut dia, perubahan regulasi menjadi kendala kepala desa dalam menyusun APBDes. Misalnya, dialami Desa Rejasari.

Laporan APBDes desa tersebut sudah selesai dengan mengacu aturan sebelumnya, namun ada regulasi baru maka harus dilakukan revisi.

”Maka dengan adanya rapat koordinasi ini mudah-mudahan bisa memberikan solusi kepada para kepala desa dalam mengacu penyusunan APBDes yang baru supaya tidak terjadi kesalahan lagi,” katanya.

Ketua Forum Kepala Desa Kota Banjar H Oding mengatakan penyusunan APBDes saat ini sangat berbelit sehingga proses pencarian dana baik dari pusat maupun daerah terkendala. Sementara proses roda pemerintahan desa terus berjalan.

“Sementara kita gunakan silpa untuk operasional ini itu karena APBDes-nya juga belum selesai, banyak regulasi,” keluhnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Sukamukti Yosep Firmansyah. Karena terkendala sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan desa menggunakan silpa.

“Ya begitulah, jujur kita juga butuh buat operasional di desa apalagi kita juga belum digaji. Sementara penyusunan APBDes masih terkendala,” tuturnya.

Koordinator Tenaga Ahli P3MD Agus Haryanto mengatakan rakor memutuskan supaya desa menyelesaikan penyusunan APBDes dalam jangka waktu dua minggu. Setelah selesai untuk secepatnya disampaikan ke Bappeda dan instansi lainnya.

“Mudah-mudahan rapat koordinasi ini bisa memberikan solusi supaya penyusunan APBDes cepat selesai dan pencairan dana pun bisa dilakukan secepatnya,” ungkapnya. (nto)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.