Peran Aktif Dunia Pendidik Dalam Upaya P4GN

34

CIAMIS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Pengembangan kapasitas di Lingkungan pendidikan, tepatya di Aisyah Meeting Room, The Hotel Priangan Ciamis, Rabu (21/11/ 2018).

Pesertanya, sebanyak 30 orang perwakilan dari para guru tingkat SMP lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Menurut Kasi P2M Deny Setiawan, S.Sos, M.M., sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan, bahwa kegiatan ini merupakan salah upaya pemerintah melalui Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis untuk memantapkan langkah-langkah menuju Indonesia Bebas Narkoba.

Meningkatkan sinergitas dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) khusus di lingkungan pendidikan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang jenis-jenis narkoba, karakteristik narkoba, efek buruknya terhadap kesehatan tubuh apabila disalahgunakan, sanksi hukum apabila menyalahgunakan narkoba serta menginformasikan bagaimana rehabilitasi baik secara medis maupun sosial kepada para peserta kegiatn ini.

“Para pendidik harus tahu tentang bahaya narkoba. Lalu menginformasikan kembali apa yang didapat saat ini kepada sesama rekan pendidik dan kepada para siswa di sekolahnya masing-masing. Sehingga dapat membentuk imunitas yang mampu menolak narkoba,” jelas Deny.

Sementara, menurut AKBP Yaya Satyanagara, S.H., selaku Kepala BNNK Ciamis, permasalahan narkoba saat ini sudah merambah kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, bukan lagi merambah kepada orang dewasa saja.

“Karakteristik perilaku Fase Pubertas anak diantaranya mencari identitas diri, rasa ingin tahu yang tinggi dan ingin mencoba-coba, emosi yg belum stabil, ingin hebat dan diakui oleh lingkungannya, kurang mengerti bahaya dan kecenderungan gegabah,” tutur Yaya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut aktif berperanserta dalam menanggulangi masalah narkoba.

“Khusus di kalangan pendidikan diharapkan dengan kegiatan ini para peserta yang hadir untuk bisa menginformasikan kembali di lingkungannya masing-masing,” pungkas Yaya. (rls)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.