Perangi Malaria, Satgas 323/BP Lakukan Fogging

230
0

PAPUA – Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad melaksanakan bakti sosial berupa fogging, penyuluhan kesehatan serta pembagian kelambu kepada masyarakat di KM 1, Kp Wamena, Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel, Papua Rabu (25/4). Kegiatan itu untuk memperingati Hari Malaria Sedunia.

Wilayah Indonesia Timur merupakan salah satu daerah dengan tingkat kejadian malaria tertinggi. Menurut Departemen Kesehatan Indonesia, jumlah malaria pada tahun 2012 mencapai 417.000 kasus di Indonesia.

Hampir tiga perempat kasusnya berasal dari wilayah Indonesia bagian timur, seperti Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Jumlah kasus yang diterima pemerintah di sepanjang tahun 2013, Papua memiliki angka kasus malaria terbesar, yaitu mencapai angka 42,65 persen.

Penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari nyamuk Anopheles ini cukup serius, hingga dapat menyebabkan kematian.

Didasari hal tersebut, peringatan Hari Malaria se-Dunia merupakan momentum yang tepat bagi Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad untuk mencegah dan memberantas penyakit malaria.

Loading...

“Dengan kegiatan bakti sosial ini besar harapan kami untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat wilayah Asiki dan sekitarnya terutama yang belum tersentuh petugas kesehatan secara intensif,” ujar Letda Ckm dr M Barkah, dokter Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad.

Saverius Wenda, salah satu warga Kp Wamena mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut.

“Kami berharap dengan dibagikannya kelambu serta fogging, masyarakat dapat terhindar dari penyakit malaria,” ujarnya. (rls)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.