Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Peraturan Bupati Pengelolaan Sampah Diperlukan

47
0

PANGANDARAN – Peraturan Bupati (Perbup) mengenai pengelolaan sampah di Kabupaten Pangandaran dirasa perlu untuk memaksimalkan kebersihan di Kabupaten Pangandaran.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pa­ngandaran Asep Noordin me­ngatakan adanya Perda Nomor 20 tahun 2016 terkait pengelolaan sampah, perlu ada turunan dari perda tersebut.

”Ini sangat penting ditindaklanjuti untuk penataan kawasan di pantai, dalam hal kebersihan,” ujarnya kepada Radar, Senin (24/6).

Menurut dia, banyaknya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pangandaran jelas akan menambah volume sampah. Maka dari itu, perlu ada peningkatan kapasitas dalam pengelolaan sampah.

”Tentu ini harus ada penanganan secara khusus, dimulai dari peningkatan manajemen dan jug fasilitas, kemudian yang terpenting adanya payung hukum” ujarnya.

Lanjut dia, pengelolaan sampah dengan acuan Perda Nomor 20 tahun 2016 masih dianggap standar, hanya mengumpulkan dan langsung dibuang. ”Kalau ada Perbup, pasti imporvisasi dalam hal pengelolaan, bisa dalam masalah sanksi dan sebagianya,” jelas dia.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Ba­ya­nullah mengatakan Perbup dari Perda Nomor 20 tahun 2016 itu sudah diusulkan kepada Pemkab. ”Sekarang masih di bagian hukum,” tuturnya.

Banyak hal yang jadi hambatan Dinas LH dalam menangani sampah di Pangandaran, selain kurangnya fasilitas dan armada, sedikitnya lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) juga minim.

”Sehingga sampah diangkut langsung ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan tumpukan sampah cepat penuh,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.