Perawat Harus Mandiri, Tak Selalu Bergantung

298
0
MEMPERINGATI. DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Tasikmalaya berfoto bersama saat memperingati Hari Perawat Nasional dan Internasional, Sabtu (12/5).

CIHIDEUNG – DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Tasikmalaya memperingati Hari Perawat Internasional yang jatuh setiap 12 Mei dan Hari Perawat Nasional setiap 17 Maret, Sabtu (12/5).

Peringatan hari perawat itu diisi dengan donor darah dan jalan sehat seluruh anggota PPNI yang dihadiri oleh Dewan Pertimbangan PPNI Jawa Barat dan Kota Tasikmalaya Drs H Syarif Hidayat MSi.

Ketua DPD PPNI Kota Tasik­malaya Ns H Enjang Nurjamil MHKes menuturkan melalui pe­ringatan hari perawat internasional maupun hari perawat nasional, ada beberapa harapan yang disampaikan kepada seluruh perawat. Yakni semua perawat harus bisa mandiri. Tidak selalu bergantung pada orang lain. Terlebih saat ini, perawat sudah memiliki payung hukum. Yaitu Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.

“Dengan adanya payung hukum tersebut, kita sebagai perawat harus sudah bisa mengimplementasikannya, mempraktikannya. Sehingga siapa pun yang berprofesi sebagai perawat bisa meningkatkan kesejahteraannya,” ungkap H Enjang kepada Radar.

Jumlah perawat yang ada di Kota Tasikmalaya dan tercatat di PPNI sebanyak 1.308 orang yang tersebar di beberapa komisariat. Di antaranya komisariat RSUD Dokter Soekrdjo, Dinas Kesehatan, RS Jasa Kartini, Komisariat Dinas Pendidikan Negeri, Komisariat Dinas Pendidikan Swasta, RS Prasetya Bunda, RS Permata Bunda dan RS Syfa Medina.

“Perawat yang terhimpun di PPNI itu ada yang sudah jadi pegawai negeri, ada yang bekerja di rumah sakit swasta, ada juga yang masih honor. Bagi yang masih honor, kami mengimbau agar tidak terlalu berharap untuk diangkat jadi PNS. Tapi sebagai profesi perawat kita bisa tetap membuka praktik, bisa tetap sejahtera. Namun, demikian bagi yang masih honor, kami juga mendorong dan berharap ada pengangkatan,” tuturnya.

Melalui acara yang digelar akhir pekan kemarin, kata H Enjang, PPNI juga mengenalkan sekretariat baru yang dibangun di Cilolohan. Rencananya untuk ke depan, DPD PPNI Kota Tasikmalaya akan membangun asrama untuk mahasiswa keperawatan. (tin)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.