Perbaikan Pelayanan Pemcam PemKab Tasikmalaya

375
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA PAPARKAN. Aparatur pemerintah kecamatan (pemcam) saat menyimak materi penguatan pelayanan publik di ruang Ops Room Setda Kabupaten Tasikmalaya kemarin.

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya melakukan penguatan pelayanan publik di tingkat pemerintah kecamatan (pemcam) dengan sasaran para sekretaris camat (sekmat) yang dilaksanakan di Ops Room Setda kemarin (7/11).
Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muhsin mengatakan para sekmat se-Kabupaten Tasikmalaya ini dikumpulkan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kemampuan aparatur pemerintahan di tingkat kecamatan. Para camat, sekmat, kasubag dan kasi harus tahu betul dengan tugas pokok dan fungsinya.
“Beberapa aturan kita sudah keluarkan, termasuk adanya pelimpahan-pelimpahan kewenangan bupati kepada camat,” ujar Muhsin kepada wartawan di Setda Kabupaten Tasikmalaya kemarin (7/11).
Para pegawai di tingkat kecamatan, terang dia, harus mempunyai perencanaan kegiatan. Jadi setiap personal jabatan termasuk staf itu harus memiliki rencana kerja sendiri. “Nanti digabungkan menjadi rencana kegiatan tingkat kecamatan. Jadi tidak ada lagi seseorang bekerja hanya didasarkan pada perintah pimpinan. Mereka harus paham betul tugas pokok dan fungsi selaku aparatur kecamatan,” jelasnya.
Yang ditekankan kepada para sekmat juga, jelas dia, termasuk aspek pengendalian pengawasan jalannya roda pemerintahan desa. Kecamatan itu adalah garda terdepan kepanjangan tangan bupati di lapangan. “Dia memiliki kewajiban melakukan pembinaan pemerintahan desa. Termasuk pengawasan penggunaan anggaran dana desa dan dana-dana lainnya yang masuk ke desa,” paparnya.
Jadi para camat, sekmat, kasubag dan kasi harus mampu mengoordinasikan unit kerja yang ada di lingkungan kecamatan. Baik itu pelayanan kesehatan, pendidikan, pertanian maupun pekerjaan umum.
Kepala Bidang (Kabid) Data Perencanaan dan Pengendalian Pegawai (BKD) Kabupaten Tasikmalaya Ari Fitriadi SSTP MSi mengatakan penekanan materi yang disampaikan kepada para sekmat adalah peran dan tugas utama kecamatan sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat. “Yang mendapatkan bobot besar dalam pelayanan publik adalah pemerintahan kecamatan,” jelasnya.
Setelah berdisuki dengan para sekmat, kata Ari, banyak masalah yang dihadapi di lapangan terkait kejelasan hukum, aturan dan petunjuk urusan termasuk program kerja. “Petunjuk urusan itu yang bertanggung jawab adalah para pembina di tingkat kabupaten. Ada pembina di bagian pemerintahan, organisasi, kepegawaian dan audit pengawasan Inspektorat,” terang Ari.
Para pegawai di kecamatan ini butuh panduan yang jelas dari pemerintah kabupaten agar tidak ada lagi urusan di kecamatan yang tumpang tindih.
Sekretaris Camat (Sekmat) Kecamatan Bojongasih Denni Kusumah mengatakan sosialisasi penguatan pelayanan publik itu sangat bermanfaat. “Ada motivasi bagi kami untuk mengadakan kegiatan atau program kerja di kecamatan sesuai tugas pokok dan fungsinya untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal,” ujarnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.