Perbaikan Rumah Ekah Butuh Tambahan Dana

232
0
MERAPIKAN. Ekah saat membereskan rumahnya yang sedang diperbaiki kemarin. foto: DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SUKARATU – Rumah Ekah (60), seorang janda asal Kampung Kudang Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu yang rumahnya ambruk akibat hujan dan angin beberapa bulan lalu akhirnya diperbaiki kemarin (30/10).
Ketua Karang Taruna Desa Gunungsari Cecep Zamzam mengatakan selama tujuh bulan dari April hingga Oktober bantuan untuk perbaikan rumah Ekah baru terkumpul Rp 4 juta. Bantuan tersebut berasal dari hasil swadaya muspika kecamatan, pemerintahan desa, agnia, karang taruna desa dan kecamatan.
Uang tersebut, kata dia, dibelikan kayu untuk tiang rumah, pasir, genting dan semen. Sedangkan pembangunannya hasil gotong royong masyarakat di Desa Gunungsari. “Tinggal bilik, kaca dan lantainya. Perbaikan rumah Mak Ekah baru 60 persen. Membutuhkan biaya sekitar Rp 5 jutaan lagi,” ujar Cecep saat diwawancara Radar di Desa Gunungsari kemarin (30/10).
Menurut Cecep, baik karang taruna desa, kecamatan dan Pemerintah Desa Gunungsari sudah mengusulkan bantuan ke pemerintah daerah agar rumah Ekah dapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Namun dari April hingga Oktober ini belum ada respons.
Ekah (60) mengaku sangat senang rumahnya bisa kembali dibangun untuk bisa ditempati kembali. Dia berharap rumahnya bisa selesai dibangun untuk tempat berteduh. ”Senang sekali, tapi tidak bisa membalas kebaikan semua orang yang sudah memberikan bantuan,” ungkapnya.
Ekah selama tujuh bulan tinggal di rumah tetangganya. Bekerja sebagai buruh tani untuk biaya makannya sehari-hari. “Kalau disuruh sama orang, ya kerja jadi buruh tani. Segini adanya,” ujarnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.