Perbup Kewenangan Desa Segera Dibentuk

Dani Hamdani

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menyebutkan rancangan peraturan bupati (perbup) Kewenangan Berskala Desa sudah disosialisasikan terhadap kepala dan aparatur desa.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan pihaknya sudah mengonsultasikan rancangan tersebut ke Mendagri. “Kita sudah mendapat perbaikan, maka kita perlu meminta masukan dari kepala desa,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (13/9)

Menurut dia, sosialisasi tersebut perlu dilakukan karena banyak kegiatan yang merupakan kewenangan dari desa. “Maka perlu ada pemahaman bersama mengenai konsep perbup, sehingga mereka biasa memberikan masukan kepada kami,” tuturnya.

Selama ini, kata dia, pihak desa merasa kebingungan soal kegiatan apa saja yang menjadi kewenangan mereka. “Karena ada beberapa yang belum memiliki payung hukum contohnya soal pemakaman atau memilih juru kunci, itu kan tidak di Permendagri No 20, “ jelasnya.

Namun aturan yang tidak ada dalam permendagri tersebut, tambah Dani, bisa dituangkan dalam produk hukum seperti perbup. “Nanti perbup ini bisa jadi acuan aturan terkait pengelolaan aset desa dan lain-lain,” ucapnya.

Bila perbup ini sudah keluar, maka desa akan diberikan kewenangan yang cukup luas dalam membuat peraturan desa dari turunan perbup tersebut. “Ya kegiatan mereka jadi lebih terkonsep karena sudah ada payung hukumnya,” terang dia. (den)

loading...