Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

Pemekaran Garut Selatan Dipercepat, Begini Kata Anggota Dewan..

129
0

TAROGONG KIDUL – Anggota DPRD Kabupaten Garut dari daerah pemilihan (dapil) wilayah selatan Garut siap mempercepat pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan (Garsela). Demikian dikatakan Aris Munandar, anggota DPRD Garut dari Fraksi Golkar.

Dia akan mendukung penuh pemekaran wilayah Garsela. “Kami dewan dari selatan siap menyukseskan pemekaran ini. Saya sendiri ingin secepatnya pemekaran dilaksanakan,” ujarnya kepada wartawan Rabu (18/9).

Dirinya mendukung pemekaran karena mempunyai berbagai pertimbangan, yakni supaya terjadi pemerataan kesejahteraan kehidupan yang selama ini masih jauh di bandingkan dengan masyarakat di wilayah perkotaan ataupun daerah yang berdekatan dengan ibu kota Kabupaten Garut.

Selain itu, untuk memperdekat dengan pelayanan publik, seperti mengurus izin, pembuatan surat izin mengemudi (SIM) atau pembayaran pajak kendaraan.

“Kalau sudah mekar, pelayanan akan semakin dekat. Masyarakat di selatan tidak lagi harus mengeluarkan uang banyak untuk ongkos ketika mengurus itu (surat-surat),” katanya.

Aris mengatakan wilayah Garut Selatan sudah siap dimekarkan, karena semua infrastruktur penunjang yang dibutuhkan sudah ada. Seperti rumah sakit, perguruan tinggi sampai sumber daya manusia (SDM).

“Terlebih pak wabup (dr Helmi) sudah mengatakan bahwa tahun 2020 akan dibangun pendopo di wilayah selatan yang nantinya akan menjadi pusat ibu kota Garut Selatan,” ujarnya.

Pihaknya bersama anggota dewan dari dapil selatan sepakat mengawal lahirnya Kabupaten Garut Selatan sampai tuntas. Pihaknya juga sudah akan melakukan koordinasi dengan petinggi elit politik di DPR RI.

“Kami yakin setiap partai yang ada di Senayan akan mendukung langkah lahirnya DOB Garut Selatan ini,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Alit Suherman, anggota DPRD dari Fraksi PKB. Dia mengaku mendukung pemekaraan Garut Selatan. “Kami sebagai wakil rakyat dari selatan akan berupaya terus supaya DOB Garsela ini segera terbentuk,” katanya.

Alit mengaku sudah melakukan koordinasi dengan anggota dewan di tingkat DPRD Provinsi Jawa Barat maupun DPR RI. “Kami ingin tahun depan Garut Selatan sudah menjadi daerah persiapan. Jadi tahun 2023 sudah ada pemilihan kepala daerahnya,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan Pemkab Garut akan mendukung pembentukan DOB Garut Selatan. Salah satu yang dilakukan saat ini yakni mempersiapkan seluruh aspek dalam menyambut lahirnya Kabupaten Garut Selatan.

Salah satunya mempersiapkan SDM, seperti aparatur sipil negara (ASN). Selain itu, pihaknya juga melakukan perbaikan infrastruktur di selatan. “Kita siapkan SDM untuk dipersiapkan dalam menyongsong lahirnya Garut Selatan, termasuk anggaran selama menjadi daerah pesiapan,” ujarnya.

(yana taryana/ rakyat garut)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.