Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Persatuan Istri Angkatan Udara Tasik Manfaatkan 2 Ha Lahan Kosong

156
0

KOTA TASIK – Persatuan Istri Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 7 Daerah I Pangkalan TNU AU Wiriadinata (Lanud) Tasikmalaya, manfaatkan lahan kosong seluas 2 hektare, dengan ditanami berbagai tanaman palawija guna memenuhi kebutuhan pangan, Jumat (12/06).

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7 Daerah I Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, Kecamatan Cibeureum, Erwina Ali Pasaribu mengatakan, tujuan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pangan, sekaligus memanfaatkan 2 hektare lahan kosong yang selama ini dipenuhi rumput dan alang-alang.

Lahan tersebut telah ditanami palawija untuk memenuhi kebutuhan pangan dan kemandirian sebelum memasuki musim kemarau tiba.

“Kebutuhan yang ditanami selama ini bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Terutama untuk memenuhi kebutuhan perekonomian dan kesejahteraan supaya mereka bisa hidup mandiri,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com.

“Akan tetapi, jika lahan tersebut tidak dimanfaatkan, sayang dan langkah yang telah dilakukannya sengaja diisi dengan menanami padi, jagung, singkong, kacang tanah, cabai merah, rawit, sayuran dan bumbu dampur,” sambungnya.

Erwina menerangkan, ketahanan pangan yang dilakukan Lanud Wiriadinata tersebut untuk memanfaatkan berbagai program unggulan supaya masyarakat lebih mandiri dan lahan itu juga tetap terjaga.

Namun, berbagai upaya lain istri-istri TNI juga sudah memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam saledri, tomat, cabai termasuk memelihara ayam dan bebek.

“Program ketahanan pangan yang dilakukan TNI banyak dan selama ini para PIA berupaya selalu memberikan semangat agar lahan yang kosong harus ditanami,” terangnya.

Pantauan di lokasi, lahan seluas 2 hektare yang ada di samping Bandara Wiriadinata, selama ini telah ditanami berbagai tanaman palawija, padi dan lainnya.

Namun, PIA sendiri memberi bantuan dengan melakukan pemupukan lahan persawahan termasuk membersihkan ladang dengan bergotong royong supaya hasil yang telah ditanam bisa dimakan bersama warga sekitar.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.