Pererat Silaturahmi, Lahirkan Gagasan

35
0
SILATURAHMI. Rektor Uniga Dr ir H Abdusy Syakur Amin MEng bersama alumni Program Pascasarjana usai silaturahmi di Aula Kampus Uniga Sabtu (29/6). Uniga untuk Rakyat Garut

TAROGONG KALER – Program Study (Prodi) Pascasarjana Universitas Garut (Uniga) mengadakan silaturahmi dengan alumni. Kegiatan tersebut digelar di Aula Kampus Uniga Jalan Samarang Nomor 52A Kecamatan Tarogong Kaler Sabtu (29/6).

Direktur Pascasarjana Uniga Prof Dr H Jusman Iskandar MS mengatakan silaturahmi antar sesama alumni Program Pascasarjana Studi Ilmu Administrasi Negara maupun Managemen Pendidikan Islam diadakan untuk memperkokoh hubungan silaturahim dan kebersamaan. “Jadi selain komunikasi di WhatsApp grup, pertemuan seperti ini sangat bagus, supaya para alumni terus terjalin komunikasi secara langsung,” ujarnya.

Menurut dia, Program Pascasarjana Studi Ilmu Administrasi Negara (AN) telah meluluskan 28 angkatan, sedangkan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sudah 7 angkatan. Banyaknya lulusan, kata dia, menjadi aset yang potensial bila diantara angkatan terbangun konektivitas untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat pengabdian atau kegiatan positif lainnya. “Makanya acara silaturahmi ini direncanakan menjadi agenda rutin tiap tahun yang diselenggarakan,” terangnya.

Jusman berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut, terlebih kepada Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur MEng. “Di bawah kepemimpinan dan arahan beliau Uniga mengalami kemajuan pesat tak terkecuali Program Pascasarjananya,” terangnya.

Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng mengatakan Program Pascasarjana awal didirikan Uniga tahun 1998. Saat itu hanya memiliki satu Program Studi, Ilmu Administrasi Negara (AN). “Waktu pertama didirikan itu banyak mahasiswa datang dari berbagai daerah di Jawa Barat untuk kuliah Pascasarjana di Uniga, karena saat itu Uniga kampus satu-satunya di tingkat kabupaten yang memiliki progran Pascasarjana,” katanya.

Seiring berjalannya waktu dan permintaan, tahun 2010 berdiri Program Manajemen Pendidikan Islam (MPI). “Alhamdulillah saat ini kita diberi kepercayaan lagi untik membuka Program Studi baru yaitu Magister Management (MM),” terangnya.

Saat ini Uniga telah memiliki 25 Prodi dari 8 Fakultas. Pi­haknya pun terus me­­lakukan pem­­ba­ngun­an untuk me­lengkapi fa­si­litas kampus, mulai dari ba­ngunan yang di­­lengkapi lift dan ke de­pan akan di­bangun aula ser­baguna serta laboratorium. “Kami mo­hon doa res­tu kepada se­­muanya, su­paya pem­bangunan fasilitas pendidikan di Uniga lancar dan tidak ada hambatan,” terangnya.

Syakur berpesan kepada seluruh alumni Uniga saling menjaga nama baik almamater. Dirinya menginginkan semua alumni juga saling mengharumkan nama baik. ”Di diri bapak ibu melekat nama Uniga, apa yang terjadi terhadap bapak ibu akan berdampak pada Uniga, begitupun sebaliknya. Mari kita saling mengharumkan nama baik,” terangnya.

Ketua Panitia silaturami Ir Dadang Hilman Jauhari MPi mengatakan kegiatan tersebut bukan hanya silaturahmi, tetapi akan melahirkan gagasan yang lebih konkret. Misalnya kegiatan yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi.

Seperti pada kegiatan kemarin, kata dia, yakni membentuk satu Ikatan alumni Prodi Manajemen Pendidikan Islam yaitu Ikatan Magister Manajemen Pendidikan Islam (IMMPI). “Alumni di Prodi ini mayoritas para guru. Dengan terbentuknya ikatan ini tidak menutup kemungkinan ada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dibidang pengembangan pendidikan,” paparnya. (yna/rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.