Pergerakan Tanah Ancam Warga Pamarican Ciamis

260
0
PANTAU. Aparat desa, Tagana dan TNI memantau lokasi retakan tanah di Dusun Karangsari RT 14/04 Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Senin (9/12).
Loading...

CIAMIS – Pergerakan tanah mengancam pemukiman masyarakat di Dusun Karangsari RT 14/04 Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican.

Senin (9/12) sejak pukul 07.00 baru diketahui ada retakan berjarak 50 meter dari pemukiman masyarakat. Retakan tersebut berada di kebun bambu milik masyarakat.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan bila dilihat dari lokasinya, kemungkinan awal pergeseran tanah atau retakannya sudah ada yang lama, namun ditambah saat ini memasuki musim hujan otomatis retakan terus memanjang dan bertambah diameternya.

“Untuk kondisi saat ini retakannya mulai dari 5 cm sampai 50 cm dengan panjang retakannya sampai 300 meteran. Tentunya bila hujan terus menerus, bisa saja terus bergeser tambah besar. Ini bisa mengancam ke pemukiman juga,” kata Ade Senin (9/12).

Hasil pendataannya, akibat retakan tanah itu sekitar 37 kepala keluarga (KK), yang berjarak 50 meter dari lokasi retakan tersebut, terancam terkena dampak. Meskipun memang retakannya belum mengenai rumah masyarakat, tapi patut diwaspadai oleh warga sekitar.

“Intinya kami juga sudah berkoordinasi dengan aparat desa serta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan sekarang, karena kapan saja tanah bisa bergerak. Kalau kemasukan air,” jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Drs H Mochamad Soekiman mengimbau kepada RT, RW dan kepala desa di semua wilayah di Kabupaten Ciamis untuk selaku memonitor wilayahnya.

Loading...

“Bila ada gejala retakan tanah, segera laporkan langsung, biar ditindaklanjuti dan diperiksa ke lokasi. Terlebih kita sudah sampaikan bila terjadi ada retakan, segera lakukan gotong royong dengan tahapan gerakan tutup retakan agar air tidak masuk langsung ke retakan tersebut setidaknya lebih aman,” imbaunya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.