Pergisti Mengadakan Pengobatan Gratis

185
0

SUKAWENING – Perkumpulan Griya Sehat Tradisional Indonesia (Pergisti) mengadakan pengobatan gratis di Kecamatan Sukawening Minggu (27/1). Kegiatan yang diikuti 75 praktisi di bidang pengobatan tradisional dari seluruh penjuru negeri itu diadakan dalam rangka silaturahmi kerja nasional (Silaknas).

“Tahun ini kita ada di Garut Silaknas ini dengan agenda pengobatan gratis,” ujar Ketua Umum Pergisti dr Hindoko kepada wartawan kemarin.

Menurut dia, silaturahmu diadakan untuk menghimpun dan mempererat tali silaturahmi praktisi di bidang kesehatan dan keterampilan tradisional seperti cara pijat, akupunktur ataupun dengan cara pemberian ramuan, jamu, obat-obatan herbal tradisional. “Yang datang ini dari berbagai daerah ada dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya. Kami di sini ada 75 orang, kalau seluruh anggotanya mencapai 250 orang,” katanya.

Dengan Silaknas, dirinya yakni ingin seluruh praktisi kesehatan tradisional bisa dipayungi dengan sebuah wadah organisasi dan dilestarikan sebagai bagian dari kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia.

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pergisti. Pengobatan tradisonal selama ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Garut. “Saya kira pengobatan tradisional ini tidak bertolak belakangan dengan medis. Jadi sangat bagus kalau dikembangkan,” terangnya.

Dirinya berharap dengan banyaknya praktisi kesehatan tradisional bisa memberkan efek yang baik untuk kesehatan masyarakat di Garut. “Mudah-mudahan tingkat kesehatan masyarakat lebih segar, lebih sehat, bugar dan lebih produktif,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.