Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Peringati Hari Jadi, Berbagi dan Hidup Sehat

24
0
BERIKAN SANTUNAN. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman didampingi Camat Cipedes Sofian Zaenal Muttaqin SSTP MSi memberikan santunan kepada jompo Selasa (8/10). Kegiatan itu dalam rangkaian Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-18 tingkat Kecamatan Cipedes Selasa (8/10). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

CIPEDES – Kecamatan Cipedes, kemarin (8/10), memperingati Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-18. Mereka melaksanakan gerak jalan sehat dan me-launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kecamatan Cipedes di Lapang Sepak Bola Cigeureung Selasa (8/10). Kegiatan itu diikuti ribuan masyarakat Cipedes.

Camat Cipedes Sofian Zaenal Muttaqin SSTP MSi menjelaskan pihaknya menyinergikan peringatan Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-18 dengan launching Germas karena sebagai upaya memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

“Intinya bahwa kami ingin Hari Jadi Kota Tasikmalaya bisa diperingati dan dinikmati secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan launching-nya Germas di sini, masyarakat semakin menyadari dengan kesehatannya sendiri. Setelah itu, baru bisa berpartisipasi di lingkungan tingkat RT/RW/kelurahan sampai Kota Tasikmalaya,” kata dia kepada wartawan, Selasa (8/10).

Sofian juga menyosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat. Warga Cipedes diajak untuk mengecek kesehatan secara berkala, memakan buah-buahan, belajar perilaku hidup bersih dan sehat, sanitasi aman. Dengan harapan masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan.

“Intinya untuk kesehatan diri sendiri dan masyarakat. Karena kuncinya masyarakat harus mau dulu sehingga menghasilkan kesehatan lingkungannya sendiri, seperti gotong royong membersihkan sampah dan sungai-sungai,” ujarnya.

“Selanjutnya kita dukung dari fasilitas kesehatan dan infrastruktur kesehatan dengan partisipasi secara baik antara pemerintah dan masyarakat,” kata dia.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menjelaskan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Pemerintah Kota Tasikmalaya meningkatkan kualitas hidup manusia.

“Pemerintah ingin bekerja optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi tolong kesehatannya harus dijaga. Mesti sadar kesehatan, sehingga Gerakan Masyarakat Sehat menjadi penting bagi kehidupan,” kata dia.

Menurut Wali Kota, kesehatan akan berbanding lurus dengan peningkatan pendidikan dan ekonomi masyarakat. Hal itu akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Tasikmalaya. Nah, untuk mencapai tujuan itu, Pemkot mendirikan infrastruktur yang merata. Termasuk mendirikan rumah sakit dan puskesmas.

“Kita bangun 22 unit puskesmas dan rumah sakit juga dibangun dengan tipe D yaitu Rumah Sakit Pratama Purbaratu dan Rumah Sakit Dewi Sartika Kawalu dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Apalagi 74 persen masyarakat di Kota Tasikamalaya sudah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional,” ujarnya.

Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-18 tingkat Kecamatan Cipedes H Budi Kusmiadi SPd menjelaskan jalan sehat dan launching Germas dihadiri Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, Muspika Cipedes, Puskesmas se-Kecamatan Cipedes, MUI Kecamatan Cipedes dan 1.500 peserta.

Menurutnya, hadiah utama jalan sehat yaitu satu unit sepeda motor matik.

“Peringatan HUT Kota Tasikmalaya ke-18 dengan gerak jalan sehat dan launching Germas tingkat Kecamatan Cipedes dapat merekatkan tali silaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat. Sehingga dapat berjalan dalam membangun sesuai dengan visi dan misi Kota Tasikmalaya,” kata dia. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.