Perizinan di Kota Banjar Dilayani Secara Elektronik

45
0
Sunarto
Loading...

BANJAR – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar Sunarto mengatakan, banyak pemohon perizinan berusaha menggunakan Online Single Submission (OSS) yang salah dalam mengisi formulir pengajuan. Sehingga kata dia, proses OSS yang seharusnya cepat, jadi terkendala karena harus direvisi.

“Atas hal itu, kami menyediakan layanan konsultasi untuk pengisian OSS. Kami menyediakan pendampingan untuk pengisian OSS. Kita pandu jika ada kendala bisa lapor ke kita. Pemohon bisa konsultasi dulu,” kata Sunarto di ruang kerjanya, Rabu (6/1).

Ia menjelaskan, Perizinan Berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

Baca juga : Pot Pohon Dipinggir Jalan Kota Banjar Harus Segera Dievalusi

Masyarakat yang ingin memiliki izin berusaha kini akan dilayani secara elektronik melalui sistem OSS dan Si Cantik.

loading...

“Sistem layanan perizinan ini secara elektronik terintergasi dengan pusat. Peruntukannya perizinan berusaha seperti SIUP, IUMK, IUJK, semua sektor berdasar PP Nomor 24 tahun 2018 tentang OSS,” katanya.

Kata dia, membuat akun di website OSS, harus ada email nanti ada akun dan password, Nomor Induk Berusaha (NIB) setelah mengisi pendaftaran. Setelah itu keluar untuk menempuh izin usaha, kemudian daftar izin usaha OSS mengeluarkan izin usaha yang belum efektif, untuk pemenuhan komitmen harus melalui Si Cantik, contoh IUJK.

Melampirkan persyaratan yang diminta. IUJK misalnya, izin lokasi, izin lingkungan, IMB, dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF). (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.