Perizinan Jadi Kendala Atasi Banjir

47
0
MEMANTAU. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengecek drainase di Kecamatan Leles Minggu (17/2).

LELES – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengecek kondisi drainase di Kecamatan Leles Minggu (17/2). Pengecekan tersebut dilakukan menyikapi keluhan masyarakat Leles terkait banjir yang sering terjadi ketika hujan turun.

“Saya ingin lebih tahu penyebab banjir di sini (lokasi), bukan hanya dari laporan saja,” ujar wakil bupati kepada wartawan kemarin. Pengecekan dilakukan ke drainase, khususnya yang berada dekat pabrik yang saat ini dikeluhkan masyarakat. “Kami cek semuanya, kondisi saluran air dari pabrik,” tambahnya.

Hasil pemantauannya, saluran air memang kurang memadai. Tetapi, kata dia, pihak pabrik berencana membuat drainase dan kolam resapan air di wilayah tersebut. “Rencana (pembuatan saluran) sudah ada, tetapi masih terkendala perizinan karena saluran ini masuknya ke jalan provinsi. Jadi harus menempuh perizinan Dinas PU Provinsi Jabar,” katanya.

Izin dari pihak provinsi, kata dia, belum kunjung turun. Padahal pembangunan drainase dan kolam resapan air penting untuk mengatasi banjir. “Kalau pihak manajemen pabrik sudah bersedia mengatasi masalah banjir ini, tinggal izinnya saja belum keluar,” katanya.

Helmi menerangkan meski lokasi pabrik berada di wilayah Kabupaten Garut, namun masalah perizinan tetap harus diproses ke Pemprov Jawa Barat. Sebab tempat pabrik berada di jalur provinsi, sehingga terkait pengajuan perizinannya merupakan kewenangan provinsi. “Nanti kami akan dorong biar bisa segera keluar,” terangnya.

Helmi menerangkan upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi persoalan banjir di wilayah Kecamatan Leles yakni membuat gorong-gorong dan kolam resapan air. “Dua solusi alternatif ini bisa mengatasi banjir di sini,” paparnya.

Sebelumnya, masyarakat di Kecamatan Leles resah dengan sering terjadinya banjir ketika hujan deras turun di wilayah tersebut. “Sepekan ini saja sudah tiga kali banjir, ketika hujan deras turun,” ujar salah satu tokoh pemuda Leles Uya Kurniawan (40) Jumat (15/2). (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.