Legislator, DPRD Kota Tasikmalaya

Perjuangkan Aspirasi Kaum Perempuan

124
0
SRI PUSPITAWATI
Loading...

Tidak banyak perempuan yang duduk sebagai wakil rakyat. Begitu pun di DPRD Kota Tasikmalaya. Dari 45 anggota DPRD Kota Tasikmalaya, hanya ada 5 orang anggota dewandari keterwakilan perempuan. Salah satunya Sri Puspitawati.

Satu-satunya perempuan yang bertugas di Komisi III ini, tidak hanya memperjuangkan aspirasi masyarakat akan kebutuhan pembangunan infrastruktur saja. Akan tetapi jiwa keibuannya terpanggil untuk bisa memperjuangkan hak-hak dan kaum perempuan.

“Untuk di DPRD ke depannya harapan saya minimal keterwakilan perempuan bisa bertambah, mungkin bisa sampai di angka lima puluh persen, itu harapan saya. Kemudian selain perempuan, juga anak-anak muda kita, harus mau duduk menjadi wakil rakyat,” tutur Sri, saat ditemui Radar di sela-sela aktivitasnya mengkuti pembahasan Ranperda, belum lama ini.

Menurutnya, perempuan di Kota Tasikmalaya harus bisa mandiri. Juga memiliki daya saing dalam berbagai bidang. Terlebih, potensi perempuan-perempuan di Kota Tasik terbilang sangat kreatif. Banyak yang bergerak di berbagai bidang. Baik itu yang bekerja atau berwirausaha.

“Kuncinya adalah memiliki semangat. Saya yakin perempuan-perempuan di Kota Tasik ini hebat-hebat.

Karena dalam bekerja, perempuan itu tidak hanya menggunakan akal dan pikiran, tapi juga hati nurani,” tegasnya.

Berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi DPRD, Sri kerap terlibat dalam pembahasan berbagai peraturan daerah. Menurutnya tidak hanya berkontribusi dalam pembahasan perda, akan tetapi dirinya kerap menyampaikan aspirasi-aspirasi masyarakat, melalui pokok-pokok pikiran anggota DPRD.

loading...

“Pokok-pokok pikiran kita itu harus bisa terwujud dan sampai ke masyarakat, ya seperti pembangunan infrastruktur, bidang kesehatan, pendidikan, semuanya saya perjuangkan,” ungkap perempuan kelahiran Tasikmalaya tahun 1961.

Dalam bidang penganggaran, kata Sri, DPRD melakukan pembahasan anggaran selalu memperjuangkan agar anggaran tersebut dapat digunakan untuk program-program yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sedangkan dalam hal pengawasan, banyak juga pengawasan yang sudah dilakukan DPRD, melalui mitra kerja masing-masing komisi di DPRD.

“Alhamdulillah kita dengan pihak eksekutif selalu bersinergi melakukan hal-hal yang terbaik bagi masyarakat,” tandasnya.

Kemajuan Kota Tasikmalaya dirasakan Sri, cukup pesat. Semua kemajuan ini bukan hanya hasil dari pemerintah saja, akan tetapi berkat dukungan yang besar dari masyarakat. Sehingga ke depan masih banyak yang harus diperjuangkan untuk seluruh masyarakat Kota Tasik.

“Masih banyak yang harus diperjuangkan, seperti saat ini apabila hujan sering ada genangan air atau banjir, ini juga harus diselesaikan. Harus ada solusinya dan dicari penyebabnya. Antara pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung. Walaupun pemerintah memperbaikinya, misal gorong-gorong yang tersumbat, kalau masih ada masyarakat yang buang sampah sembarangan, ya sama saja. Sehingga semua pihak harus saling menjaga apa yang sudah dibangun pemerintah dan apa yang diinginkan masyarakat,” paparnya.

Untuk pembangunan bidang infrastruktur, menurut Sri, saat ini memang sudahi bagus. Akan tetapi masih harus ditingkatkan untuk wilayah-wilayah pelosok Kota Tasikmalaya.

“Kalau di wilayah kota, memang sudah bagus-bagus, karena tidak hanya pembangunan dari pemerintah daerah saja, tapi ada juga dari pemerintah provinsi. Kalau di daerah pelosok masih ada jalan yang rusak, dan harus kita perhatikan lagi,” harapnya.

Menjelang masa akhir jabatan periode 20014-2019, Sri ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Tasik khusunya wilayah Cihideung, Tawang dan Bungursari.

“Saya bukan siapa-siapa kalau tanpa masyarakat. Masyarakat adalah sumber kekuatan saya dalam bekerja. Saya bisa berpikir, mencurahkan tenaga dan pikiran yang saya miliki karena masyarakat. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya. (red)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.