Perkemahan Digelar Tengah Semester

Perkemahan Digelar Tengah Semester

15
KOORDINASI. Pembina OSIS SMPN 3 Tasikmalaya berkoordinasi dengan panitia MPLS Selasa (16/7). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mengeluarkan imbauan agar perkemahan siswa baru tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dilaksanakan pertengahan semester pertama. Perkemahan ini bagian dari masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudhistira SH MPd mengatakan, perkemahan ini merupakan agenda tahunan sekolah, namun pelaksanaannya diharapkan tidak berdekatan dengan MPLS. Perkemahan baru bisa dilaksanakan pada pertengahan semester pertama.

“Untuk awal semester ini, saya imbau sekolah untuk fokus mengenalkan lingkungan sekolah dulu melalui MPLS. Biarkan siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan kegiatan belajar di awal semester,” kata dia kepada Radar, Selasa (16/7).

Lanjutnya, MPLS harus digelar secara fokus dan maksimal. Sebab dalam MPLS, siswa baru harus dikenalkan dengan visi-misi, tata tertib dan lingkungan sekolah. Itulah sebabnya siswa baru harus diajarkan beradaptasi dengan lingkungan terlebih dahulu sebelum adanya kegiatan di luar sekolah.

“Saya tidak memperbolehkan kegiatan perkemahan di awal-awal masuk kegiatan belajar mengajar (KBM), sekarang fokus untuk mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dan warga sekolah,” katanya.

Bahkan, sambungnya, pihaknya akan menegur jika ada SMP negeri dan swasta yang melaksanakan kegiatan outdoor (perkemahan, Red) dalam jangka waktu dekat ini.

Namun, sambungnya, ia tetap mendukung penerapan Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakulikuler wajib pada pendidikan SMP. “Dalam pelaksanaannya saja jangan terlalu dekat dengan MPLS,” tambahnya.

Ia pun berpesan agar kegiatan MPLS dilaksanakan sesuai aturan, jangan sampai ada perpeloncoan. “MPLS itu bukan perpeloncoan tapi mengajak dan menyiapkan siswa untuk belajar di lingkungan baru,” katanya.

Senada dengan Dadang, Ketua MPLS SMPN 3 Tasikmalaya Achmad Rahayu SPd menjelaskan, melalui MPLS diharapkan siswa mempunyai pemahaman tentang lingkungan sekolah.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan SMP Endang Rusmana SPd MPd menambahkan MPLS harus mampu menanamkan kedisiplinan dan penguatan karakter siswa. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.