Perketat Pengawasan Ekstrakurikuler

52
0
Drs Dadang Abdul Patah MM

TASIK – Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XII Drs Dadang Abdul Patah MM menghimbau sekolah untuk memperketat pengawasan terhadap kegiatan ekstrakurikuler, khususnya yang dilakukan di luar sekolah.

“Berkaca dari kejadian siswa yang meninggal dunia ketika kegiatan pendidikan dasar pecinta alam di kaki Gunung Cakrabuana Tasikmalaya, maka kami menghimbau sekolah untuk memperketat pengawasan terhadap kegiatan ekstrakurikuler,” katanya kepada Radar, Selasa (24/12).

Ia menjelaskan, para pembina, guru, tutor serta kepala sekolah mesti melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap kegiatan ekskul di luar sekolah. Hendaknya mempertimbangkan banyak faktor seperti cuaca, medan, demografi, materi, volume kegiatan dan kesiapan fisik serta mental siswa.

“Ketika me­ngetahui siswa sakit atau punya riwayat sakit membahayakan siswa tidak boleh dipaksakan harus ikut, bisa diganti dengan kegiatan bersifat akademik dan bermanfaat untuk pengembangan potensi minat, bakat serta prestasi siswa,” sarannya.

Lanjut Dadang, ketika kegiatan di luar sekolah, sekolah meminta rekomendasi atau izin tertulis dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Jawa Barat. Manfaatnya akan terbangun koordinasi, kenyamanan dan keamanan saat kegiatan.

Selain itu, sambungnya, apabila kegiatan sangat mungkin dilaksanakan di dalam sekolah maka bisa dilaksanakan di lingkungan sekolah tidak perlu keluar sekolah.

“Bila sarana tidak memungkinkan di dalam sekolah, bisa saja di luar sekolah dengan catatan dan persyaratan yang ketat. Pelarangan bisa saja dilakukan bila mekanisme, prosedur dan persyaratan untuk kegiatan di luar sekolah tidak dipenuhi,” ujar dia.

Artinya ketika dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan tidak terjamin, termasuk biaya yang memberatkan siswa, bisa dilaksanakan di dalam sekolah. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.