Perkokoh Ketahanan Nasional di Kalangan Mahasiswa

22
SEMINAR. Dra Yani Sri Mulyani MM saat memaparkan materi dalam seminar kewarganegaraan di Kampus UBSI Tasikmalaya Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya Senin (17/12).

TASIK – Mahasiswa semester 5 Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) PSDKU Tasikmalaya mengikuti seminar kewarganegaraan di Kampus UBSI Tasikmalaya Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya Senin (17/12). Mereka diberikan wawasan ketahanan nasional.

Pembicara Seminar Dra Yani Sri Mulyani MM yang merupakan dosen di UBSI Kampus Tasikmalaya memaparkan bahwa wawasan ketahanan nasional ini penting disampaikan kepada para mahasiswa sebagai aset bangsa dan pemimpin masa depan.

“Revolusi Industri 4.0 ini merupakan era yang menantang bagi generasi milenial, makanya mereka harus memiliki dasar kecintaan yang kuat terhadap NKRI dengan diberikan wawasan bela negara dan ketahanan nasional,” ujar Yani.

Lanjutnya, wawasan bela negara perlu dipahami dalam arti luas yaitu secara fisik maupun nonfisik. Pemahaman demikian diperlukan, oleh karena dimensi ancaman terhadap bangsa dan negara dewasa ini tidak hanya ancaman yang bersifat militer tetapi juga ancaman yang sifatnya nonmiliter.

Dalam seminar tersebut Yani juga memaparkan tentang wawasan nusantara serta demokrasi Indonesia. Materi ini sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk mengetahui apa itu demokrasi terutama demokrasi yang dianut oleh Indonesia yaitu demokrasi yang bersumber pada Pancasila.

“Demokrasi perlu ditumbuhkan, dipelihara, dan dihormati oleh setiap warga negara,” ujarnya. Dengan seminar kewarganegaraan ini, sambungnya, diharapkan bisa memperkokoh rasa cinta tanah air di kalangan mahasiswa UBSI PSDKU Tasikmalaya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.