Perkuat Empat Pilar Kebangsaan

36
0
EMPAT PILAR. Anggota DPR/MPR RI KH Asep A Maoshul Affandy saat menyosialisasikan empat pilar kebangsaan di Ponpes Gegempalan Desa Maparah Kecamatan Panjalu, Selasa (14/5). (Iman S Rahman / radartasikmalaya.com)

CIAMIS – Anggota DPR/MPR RI Dapil Jabar X Fraksi PPP KH Asep A Maoshul Affandy menyosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 45 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di ruang serbaguna Pondok Pesantren (Ponpes) Gegempalan Desa Maparah Kecamatan Panjalu, Selasa (14/5).

KH Asep menerangkan, pilar pertama Pancasila merupakan fondasi negara. “Kita menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang besar dan kuat dan beraneka ragam suku, bahasa dan budaya,” tutur dia.

Wilayahnya Indonesia cukup luas seluas daratan Eropa yang terdiri atas berpuluh negara, membentang dari barat ke timur dari Sabang sampai merauke dari utara ke selatan dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, meliputi ribuan kilometer.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.000 pulau lebih, terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki beraneka adat dan budaya, serta memeluk berbagai agama dan keyakinan, maka belief system yang dijadikan pilar harus sesuai dengan kondisi bangsa tersebut.

“Tentunya Pancasila dinilai memenuhi syarat sebagai pilar bagi negara-bangsa Indonesia yang pluralistik dan cukup luas dan besar ini. Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia,” kata dia.

KH Asep menambahkan, sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengandung konsep dasar yang terdapat pada segala agama dan keyakinan yang dipeluk atau dianut oleh rakyat Indonesia. Hal itu merupakan common denominator dari berbagai agama sehingga dapat diterima semua agama dan keyakinan.

“Tentunya kami selalu sampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya pahami masalah empat pilar secara rinci agar mencintai NKRI seutuhnya,” ujar dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.