Perkuat Nilai Integritas Pada Pendidikan Dasar

20
0

JAKARTA – Pendidikan dasar di Indonesia harus segera dibenahi. Pendidikan harus dititik beratkan pada pendidikan karakter. Demikian dikatakan Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia Profesor Hamdi Muluk.

Menurut Hamdi, di tingkat pendidikan dasar yang diperlukan adalah mengajarkan nilai-nilai integritas yang di dalamnya mengandung kejujuran, bertanggung jawab, konsisten, nilai-nilai kemandirian, dan nilai-nilai persatuan yang mengajarkan toleransi, hormat menghormati, sopan santun kepada yang lebih tua.

“Pendidian nilai-nilai inilah sebenarnya yang akan membekali orang untuk menghadapi dunia nyata, apa yang sering juga disebut sebagai life skills,” kata Hamdi.

Setelah nilai-nilai itu tertanam dengan baik dan meng­hasilkan ka­rak­ter yang kuat ma­ka anak baru mu­lai diajari me­nguasai kete­rampilan skolastik seperti membaca, ber­hitung, ber­ba­hasa, dan ilmu pe­ngetahuan. Bu­kan justru sebaliknya.

“Sistem pen­didikan dasar kita ini agak ka­cau. PAUD, TK, dan SD lebih ba­nyak muatan akademiknya ke­timbang pen­di­dikan nilai-nilai budi pekerti,” ujar Hamdi.

Dengan pen­didik­an dasar se­perti sekarang tak mengherankan muncul berbagai tin­dakan tak pantas dari anak sekolah seperti tawuran, bullying hingga melakukan kekerasan kepada guru.

Hal itu diperparah dengan pengaruh lingkungan dan ketiadaan teladan dari tokoh-tokoh yang semestinya memberikan contoh yang baik. Oleh karena itu, kata Hamdi, selain pembenahan pendidikan dasar juga perlu diperkuat pendidikan karakter bagi generasi muda.

Ia juga berharap pendidikan agama lebih mencerahkan anak-anak untuk menghargai kehidupan yang lebih demoktaris. ”Guru-guru agama juga perlu ditatar ulang agar dapat mengajarkan kepada muridnya nilai-nilai agama yang santun dan menghargai antar umat,” kata Hamdi. (ant/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.