Perkuat Wawasan Kebangsaan Pelajar

20
0
Dr H Andang Firman MT

CIAMIS – Menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0, generasi muda perlu diperkuat dengan wawasan kebangsaan agar mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa patriot.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr H Andang Firman MT mengatakan di moment HUT RI ke 74 ini generasi muda perlu diingatkan kembali dengan nilai-nilai kebangsaan sebagai pedoman berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Penerapan wawasan Kebangsaan Indonesia, bukan hanya diajarkan di mata pelajaran PPKN, bisa juga diterapkan di mata pelajaran lainnya seperti matematika. Siswa bisa diberikan soal berhitung mengenai jumlah pulau, suku, etnis, bahasa daerah, agama, ras dan lainnya yang ada di Indonesia,” katanya kepada Radar, Minggu (18/8).

Ia mengatakan, jika wawasan kebangsaan Indonesia dalam diri generasi muda sudah tertanam kuat, mereka bisa terus berbuat baik dan mampu mempertahankan nilai kebangsaannya. “Walaupun zaman berubah, namun diharapkan generasi muda tetap mempertahankan akhlak baik dan nilai-nilai ketimuran,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Ciamis Tohirin SPdI mengungkapkan, pihaknya gencar melakukan gerakan KNPI goes to school dan KNPI goes to campus. Kegiatan ini mengampanyekan pendidikan Pancasila untuk membentengi pelajar dari paham radikalisme dan paham negatif lainnya.

“Sebagai organisasi kepemudaan harus membentengi pelajar dari ideologi yang tidak sesuai dengan Pancasila yaitu radikalisme, terorisme dan lainnya,” katanya.

Melalui gerakan KNPI goes to campus and school, pihaknya merangkul generasi muda dalam memberikan pencerahan dan diskusi tentang ideologi Pancasila. Selain itu, KNPI juga memberikan edukasi mengenai empat pilar berbangsa kepada para pelajar. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.