Perlu Tambahan Posko Kesehatan

106
0
PERLU TAMBAHAN. Posko kesehatan direncanakan dibangun di pertigaan Lanud Wiriadinata untuk mudik dan balik Lebaran, Rabu (22/5). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

BUNGURSARI – Menghadapi arus mudik Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya akan menyiapkan posko kesehatan di berbagai titik. Diharapkan tahun ini ada penambahan posko untuk ditempatkan pertigaan Lanud Wiriadinata.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Cecep Z Kholis menyebutkan, pihaknya akan menyiapkan tujuh posko kesehatan selama masa mudik Lebaran, yakni di perempatan Cisumur, Linggajaya, Rancabango, Jati, Taman Kota, Simpang Lima dan Terminal. “Kita berdayakan rumah sakit, kalau puskesmas akan tetap standby selama 24 jam,” kata dia kepada Radar, Rabu (22/5).

Ketujuh titik posko tersebut dipersiapkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik dan pebalik yang melintas. Sedangkan titik Taman Kota dipersiapkan untuk melayani warga di lingkungan pusat kota. “Jadi pelayanan juga ada untuk warga domestik,” ujarnya.

Posko tersebut bukan didirikan langsung oleh Dinas Kesehatan, melainkan rumah sakit yang ada di Kota Tasikmalaya. Adapun pihak Dinkes hanya menyiagakan Puskesmas selama 24 jam. “Jadi puskesmas tetap membuka layanan 24 jam,” katanya.

Adapun yang dipersiapkan di posko yakni petugas kesehatan dengan peralatan pemeriksaannya serta obat-obatan ringan. Pemudik bisa memeriksa kesehatannya di posko sambil istirahat, jika kondisi darurat maka akan dilarikan ke rumah sakit.

Adapun gangguan kesehatan yang bisa menimpa para pemudik dalam perjalanan adalah penyakit bawaan. Hal itu dipicu oleh kelelahan setelah melakukan perjalanan panjang. “Bisa serba muncul, tapi awalnya karena kelelahan,” tuturnya.

Cecep menyebutkan perlu ada penambahan posko pelayanan kesehatan tambahan untuk ditempatkan di pertigaan Lanud Wiriadinata. Pasalnya lokasi tersebut merupakan titik yang dilalui pemudik dan pebalik yang menggunakan jalur alternatif Cimaragas. “Nanti kami cari rumah sakit yang bisa mendirikan posko di situ,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.