Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Permata Bentuk Siswa Berkarakter

131
0

TASIK – Siswa kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Batik Tasikmalaya mengikuti perkemahan masa tamu (Permata) di Pangandaran pekan lalu. Kegiatan ini sebagai agenda wajib pada awal tahun ajaran baru.

Kepala SMK Mitra Batik Tasikmalaya Drs Dede Sumia MMPd menuturkan, melalui kegiatan Permata ini siswa dilatih mandiri dan dibentuk karakternya. Hal ini penting karena peserta didik bukan hanya dituntut untuk semangat dalam belajar, namun juga memiliki mental dan fisik yang kuat.

”Kegiatan Permata ini bagian dari upaya pembentukan karakter. Dengan harapan, selain mengenal kepramukaan, secara tidak langsung siswa juga belajar nilai-nilai kemandirian, kerjasama dan beradaptasi,” ungkapnya di Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya, Selasa (7/8).

Selain itu, tambah Dede, melalui Permata ini terjalin hubungan yang makin dekat antar siswa dan guru. Sehingga dengan jalinan silaturahmi ini akan mendorong kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Wakil Kepala SMK Mitra Batik Tasikmalaya Bidang Kesiswaan Drs Slamet MPd, materi yang disampaikan dalam Permata ini yakni kepramukaan, pendidikan karakter dan materi keagamaan. Semua materi ini diimpelementasikan dalam bentuk outbond.

”Nilai-nilai yang diajarkan dalam kegiatan Permata ini relevan dengan tantangan zaman, lulusan SMK harus punya skill dan tahan banting untuk menghadapi persaingan di masa depan,” tutur Slamet.

Lanjutnya, kegiatan Permata ini juga dikemas menarik sehingga siswa bisa bermain sambil belajar. ”Dengan kegiatan outdoor seperti ini, menambah semangat dan motivasi untuk belajar, sehingga lahir peserta didik yang kreatif, kompeten, berkarakter dan siap bersaing,” ungkapnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.