Persepsi Konsumen Membaik

26
0

JAKARTA – Survei konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa konsumen tanah air optimistis menghadapi kondisi perekonomian.

Dalam survei Mei itu, indeks keyakinan konsumen (IKK) tercatat 128,2. Bulan sebelumnya, IKK sebesar 128,1. Optimisme konsumen tersebut didorong kenaikan indeks kondisi ekonomi (IKE) saat ini.

“Ya Terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama,” jelas Direktur Eksekutif-Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko Kamis (13/6). Dari segi usia, menurut dia, peningkatan IKK terjadi pada responden 20-30 tahun dan 41-50 tahun. Secara spasial, IKK meningkat di sepuluh kota pelaksana survei, dengan angka tertinggi di Pontianak.

Kendati demikian, Onny mengakui bahwa ekspektasi konsumen terhadap perekonomian pada Mei lebih rendah daripada bulan sebelumnya. Itu terjadi karena ada ekspektasi penurunan penghasilan dan kegiatan usaha dalam enam bulan ke depan.

“Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga dalam enam bulan mendatang. Sekitar November,” katanya. Menjelang akhir tahun, permintaan barang dan jasa meningkat. Karena itu, harga-harga pun meningkat.

Menurut Ekonom Asian Development Bank (ADB) Institute Eric Alexander Sugandi, survei tersebut menunjukkan bahwa pada umumnya responden telah memperkirakan penurunan penghasilan. Selain itu, mereka memprediksi berkurangnya lapangan kerja dan menurunnya kegiatan usaha dalam enam bulan ke depan.

Eric menekankan bahwa survei konsumen merupakan survei persepsi. Semua data dihimpun berdasar persepsi dan keyakinan responden sesuai informasi yang mereka terima ketika survei berlangsung. Karena itu, ke depan, persepsi tersebut bisa sama dengan realita atau tidak. “Jadi, kita tidak bisa memprediksi daya beli ke depan dari persepsi konsumen. Tapi, kita bisa tahu apa ekspektasi responden terhadap kondisi ekonomi ke depan,” tuturnya. (ken/ful)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.