Persoalan Sosial Harus Ditangani Cepat

484
0
Loading...

SINGAPARNA – Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat, H Oleh Soleh SH meminta program Jabar Quick Response dibuat di setiap kota/kabupaten se-Jawa Barat, sehingga penanggulangan permasalahan sosial bisa dilakukan dengan cepat.

Menurut Oleh, pengertian Jabar Quick Response ini adalah respons cepat buat permasalahan sosial yang darurat di wilayah Jawa Barat. Maka dari itu, setiap warga di mana pun berada yang memang sedang darurat membutuhkan dana untuk berobat atau rumahnya rusak, harus direspons cepat.

“Jumlah penduduk di Jawa Barat lebih dari 47 juta jiwa dengan wilayah yang cukup luas serta permasalahan kompleks, pasti akan membuat kesulitan dalam menjalankan program ini. Maka saya sebagai anggota dewan provinsi minta supaya efektif dan semua merasakan harus dibentuk di semua daerah,” ungkapnya.

Lanjut dia, program ini bisa dibuat cabang-cabang. Misalnya wilayah Jabar Selatan seperti di Kabupaten Tasik, Garut, Pangandaran, Ciamis dan Kota Banjar. “Intinya program ini harus dibuat lebih banyak dan lebih dekat dengan warga masyarakat yang mengalami masalah sosial darurat, tidak dibuat-buat,” paparnya.

Kata Oleh, program yang diluncurkan ini bisa diakses dengan menghubungi Tim Jabar Quick Response melalui nomor telepon, email atau akun media sosial yang sudah disiapkan. “Laporannya bisa tentang laporan berbagai permasalahan sosial bersifat kedaruratan di Jabar untuk dapat segera ditangani,” ungkapnya.

loading...

Jelas oleh, dalam tim ini ada ASN di Pemprov Jawa Barat dan relawan. Hotline-nya 08111357777 atau SMS ke nomor 1708 dengan awalan LAPOR, Instragram @jabarquickresponse atau Twiter di akun JabarQR dan Facbook di Jabar Quick Response. “Program ini harus menjadi solusi bukan hanya program biasa tidak ada realisasinya,” harapnya.

Lanjut dia, kriteria warga yang masuk daftar masalah darurat sosial di antaranya tidak bisa makan karena miskin, tidak bisa mengakses pelayanan kesehatan tetapi penyakitnya parah dan kesulitan mendapat dana pendidikan atau warga yang rumahnya roboh.(dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.