Beranda Kota Tasik Pertahankan Predikat Kota Sehat

Pertahankan Predikat Kota Sehat

163
BERBAGI

BANDUNG – Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapatkan penghargaan kota sehat tertinggi yakni Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI bersama beberapa kota/kabupaten lain se-Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung.

“Ini hanya beberapa daerah yang mendapatkan penghargaan tertinggi. Saya ucapkan terima kasih kepada forum kota sehat dan ini harus dipertahankan. Sebab kesehatan salah satu indikator keberhasilan pemerintah selain daya beli dan pendidikan,” ujar Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman usai menerima penghargaan, Rabu (11/4).

Menurutnya, meski sudah mendapatkan penghargaan, bukan berarti tidak ada persoalan. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah bagi pemerintah terutama mendongkrak bidang kesehatan dalam menghadapi perkembangan zaman.

“Masih banyak pekerjaan rumah, penghargaan ini menjadi motivasi supaya kinerja lebih baik dari sebelumnya. Semata agar kualitas kesehatan warga lebih baik lagi,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya dr H Cecep Zainal Kholis menyebutkan ada lima tatanan yang harus dipenuhi dalam penghargaan tertinggi kota sehat ini. Mulai dari pemukiman sehat, transportasi sehat, ketersediaan pangan dan gizi, kemandirian sehat serta perkantoran dan perindustrian sehat.

“Kelima tatanan tersebut menjadi tolak ukur penilaian. Alhamdulillah, penghargaan ini berarti dinilai pemerintah pusat cukup bagus. Begitu pula ada beberapa kota lainnya yang ada di Jawa Barat,” bebernya.

Diketahui, penghargaan kota sehat sebelumnya pernah diraih Pemkot Tasikmalaya pada 2013 dengan predikat Swasti Saba Padapa dan Wiwerda pada 2015. Saba Padapa dengan dua tatanan, sementara Wiwerda itu berhasil dengan tiga tatanan di 2015. (igi)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.