Pertanian Bisa Dukung Pariwisata Pangandaran

81
0

PANGANDARAN – Sektor Pertanian di Kabupaten Pangandaran mampu menunjang sektor pariwisata Kabupaten Pangandaran. Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi M.Agr.

Dia mengatakan karakteristik tanah di Pangandaran termasuk kategori subur, sehingga sektor pertanian di Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu yang paling unggul.

“Potensi kesuburan tanah tersebut bisa dimaksimalkan dengan cara meningkatkan produktivitas petani dalam mengolah lahan tanah,” katanya kepada wartawan Jumat (14/8).

Bahkan, kondisi tanah rawa yang dijadikan sawah di daerah selatan Jawa Barat itu termasuk kategori tanah subur. Setiap musim panen padi bisa menghasilkan 9 ton/hektare. “Kalau di daerah lain tidak ada yang bisa mencapai angka 9 ton,” ujarnya.

Baca jaga : Pembangunan MTsN Pangandaran Selesai 2021

Kualitas pangan lain selain padi, menurut dia, memiliki kualitas yang unggul juga. “Jadi rasanya Pangandaran tidak perlu melakukan impor pangan,” ucapnya.

Loading...

Dedi menambahkan sektor pertanian juga bisa menjadi penunjang pariwisata Kabupaten Pangandaran. Dedi mengajak masyarakat, khususnya petani memaksimalkan potensi kesuburan tanah di Pangandaran.

“Berdasarkan data yang ada di Dinas Pertanian Pangandaran, ketersediaan pangan dan padi bisa memenuhi kebutuhan bahkan surplus dan bisa dijadikan ketersediaan untuk tahun berikutnya,” katanya.

Dia menambahkan Pemkab Pangandaran juga harus lebih meningkatkan produksi pangan selain padi. “Kualitas pangan selain padi sudah bagus, tinggal peningkatan produksinya,” ucapnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.