Argentina vs Paraguay

Pertarungan Hidup Mati

19
0
Lionel Messi

BELO HORIZONTE – Argentina dalam tekanan luar biasa. Berstatus sebagai tim unggulan di Copa America 2019, Tango-julukan Argentina-menjalani start buruk. Lionel Messi dan kawan-kawan justru menyerah 0-2 di tangan Kolombia dalam laga perdana di Grup B. Dampaknya, Argentina kini berada di dasar klasemen sementara dengan perolehan 0 poin.

Di laga kedua, Argentina akan menghadapi tim kuat lainnya Paraguay di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Kamis (20/6). Bagi Argentina, laga ini benar-benar wajib mereka menangkan jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Usai kalah melawan Kolombia, pelatih Argentina Lionel Scaloni menuding buruknya kondisi lapangan Estadio Fonte Nova sebagai penyebab kekalahan Argentina. “Saya pikir kondisi lapangan (Estadio Fonte Nova) benar-benar menyedihkan,” keluh Scaloni di Sky Sports.

Tekanan Argentina tidak hanya datang dari dalam tim. Legenda La Albiceleste, Diego Maradona mengkritik buruknya penampilan Argentina di Copa America tahun ini. Menurutnya, mereka kalah karena para pemain kurang meresapi pentingnya dan kebanggaan memakai seragam tim nasional. Dia bahkan dengan pedas mengatakan kalau tim sekelas Tonga pun bisa mengalahkan Argentina yang sekarang.

Nah, jika tak ingin tergelincir, Scaloni dan pasukannya harus fokus terhadap kekuatan Paraguay. “Kami menjadikan kekalahan kemarin sebagai pelajaran untuk pertandingan berikutnya. Kami yakin dengan kekuatan kami untuk keluar dari situasi ini. Tidak mudah mengawali turnamen dengan kekalahan, namun jika bisa mengalahkan Paraguay, maka kami akan kembali ke posisi yang nyaman,” kata sang megabintang Argentina Lionel Messi seperti dilansir Sky Sports.

Melawan Argentina, Paraguay juga punya bekal yang mengecewakan. Pasukan Eduardo Berizzo itu baru saja ditahan imbang dengan skor 2-2 oleh Qatar di laga pertama. Sempat unggul 2-0 lewat penalti Oscar Cardozo serta golDerliz Gonzalez, Paraguay kecolongan dua gol balasan dan akhirnya harus puas dengan berbagi satu poin.

Nah, di laga kali ini, Argentina masih lebih difavoritkan. Pasalnya, Scaloni akan menurunkan pemain terbaik mereka. Scaloni kemungkinan akan menerapkan pola 4-3-1-2. Duet Matias Suarez dan Sergio Aguero akan dijadikan ujung tombak. Sedangkan Lionel Messi ditarik sedikit ke belakang untuk menjadi second striker. Ketiganya akan disuplai dengan umpan-umpan matang Rodriguez, Paredes dan Lo Celso.

Argentina wajib ekstra waspada. Dari dua kali pertemuan terakhir mereka melawan Paraguay, Argentina belum pernah menang. Mereka hanya bermain imbang 0-0 dan kalah 0-1 dalam dua laga terakhirnya melawan Paraguay.

Statistik menunjukkan, 5 dari 7 pertemuan terakhir Argentina dan Paraguay, selalu menghasilkan 3 gol atau lebih. Tercatat 6 dari 12 pertemuan terakhir Argentina dan Paraguay selalu diwarnai gol kedua tim, artinya tak ada yang clean sheet. Argentina memenangi 3 dari 5 laga terakhirnya. Mereka mencatat tiga kali menang dan dua kali kalah.

Sedangkan Paraguay hanya menang sekali dalam 5 laga terakhirnya. Mereka mencatat sekali menang, dua kali seri dan dua kali kalah. Jika dilihat dari statistik tersebut, Paraguay memang lawan yang berat, tapi bukan berarti mereka tak bisa dikalahkan.

“Kami memetik hasil yang kurang menggembirakan di laga perdana. Dua gol balasan (dari Qatar) itu masih teringat di benak kami. Kami sudah mengevaluasi hasil buruk di laga perdana, dan kami siap menghadapi laga kali ini,” kata pelatih Paraguay Eduardo Berizzo di ESPN. (wsa/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.