Pertarungan Kader Senior vs Junior DPD PAN Kota Tasik

81
0
Loading...

TASIK – Tensi politik di internal Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tasikmalaya menghangat. Hal ini seiring banyaknya figur yang maju mencalonkan diri sebagai ketua DPD PAN periode 2021-2026.

Sejak dibuka pada Senin (21/12) hingga Selasa (22/12) pukul 20.00, tercatat sudah ada sembilan kader yang mengambil formulir pendaftaran formatur.

Mereka adalah Hendro Nugraha, Enan Suherlan, Evie Hilman, Bagas Suryono, Jeni Jayusman, dr Empud Mahpudin, Hj Euis Sri Junita, Pipit Setiawan dan Ijang Furkon.

Dari sembilan nama calon tersebut, terdapat beberapa kader senior PAN seperti Hendro Nugraha dan Jeni Jayusman yang maju. Sisanya diisi parta kader junior yang memiliki semangat dan antusias tinggi membangun PAN.

Sekretaris SC Musda DPD PAN Kota Tasikmalaya, Dede Solih mengatakan sudah ada sembilan yang mengambil formulir sampai hingga 20.00 Selasa malam (22/12). “Tapi hanya Hendro saja yang mengambil langsung, yang lainnya mewakilkan,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

loading...

Baca juga : Mama Kudang, Ulama Asal Tasik Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Namun hingga saat ini, kata Dede, formulir yang diambil kader belum ada yang dikembalikan. Dede Solih menyebutkan masih ada waktu sampai 26 Desember 2020 sebagaimana batas ketentuan pendaftaran.

“Tidak lama juga sih, tapi masih ada waktu untuk yang berminat mengambil dan mengembalikan formulir,” katanya.

Dede menjelaskan adanya ketua SC dalam Musda DPD PAN Kota Tasikmalaya Ijang Furqon yang ikut mengambil formulir menjadi formatur. Hal itu tidak menjadi masalah, meski ketua SC yang berwenang menyampaikan formulir ke DPW Jabar.

“Tidak masalah (ketua SC ikut mendaftar, Red), kita menjamin SC akan tetap amanah meskipun ikut mendaftar. Saya pun rencana ikut (mendaftarkan diri, Red), meskipun di SC,” tuturnya.

Dalam ketentuannya pun, sambung Dede, tidak ada larangan SC untuk ikut mendaftar. Karena penilaiannya ditentukan langsung oleh DPP PAN. Sehingga keikutsertaan SC tidak akan menjadi kendala. “Kecuali kalau sistemnya one man one vote baru bisa jadi masalah, kalau ini kan DPP yang putuskan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya H Mamat Rahmat menyampaikan bahwa tugas SC sendiri bukan hal yang mudah. Pasalnya, mereka bertanggung jawab atas semua formulir calon formatur. “Mudah-mudahan sukses,” terangnya.

Pihaknya mengingatkan supaya SC melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Jangan sampai ada formulir calon formatur yang ketinggalan atau hilang dengan alasan apapun. “Ibarat membawa telur, jangan sampai ada yang pecah,” imbuhnya.

Harus Buat Karya Ilmiah
Menjelang Musyawarah Daerah (Musda), DPD PAN Kota Tasikmalaya mulai membuka pendaftaran bakal calon ketua. Kali ini bakal calon ketua harus mempresentasikan visi misi dan gagasannya melalui karya ilmiah bentuk makalah.

Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya, H Mamat Rahmat menyebutkan bahwa Musda kali ini memang cukup berbeda. Persyaratan karya tulis ini menjadi salah satu teknik untuk penilaian bakal calon.

“Visi misi, program pemenangan pemilu dibuat dalam makalah,” ungkapnya di sekretariatnya, Minggu (20/12).

Disinggung soal karya tulis yang bisa dimanipulasi menggunakan karya orang lain atau menggunakan joki, pihaknya tidak masalah. Pasalnya panitia terlebih tim seleksi dari DPP pun bukan orang awam. “Bisa kelihatan karyanya itu realistis atau mengada-ada,” terangnya.

Beberapa hal lain juga terjadi perbedaan dalam Musda PAN kali ini. Dimana semua keputusan ada di tangan DPP, termasuk penentuan waktu dan tempat pelaksanaan Musda.

“Sampai saat ini pun belum bisa dipastikan kapan dan dimana musda dilaksanakan,” katanya.Namun pihaknya berharap perbuahan pola ini, bisa membuat hasil Musda yang lebih baik lagi.

Dia pun mengapresiasi kepada Steering Commite (SC) dan Organizing Commite (OC) yang langsung bekerja setelah dibentuk Sabtu malam (19/12). “Mudah-mudahan semua berjalan dengan sukses,” tuturnya. (kim/rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.