Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bergerak Tipis

19
0

JAKARTA – Kondisi ekonomi global masih belum pulih. Hal ini berimbas pada ekonomi Indonesia di mana diperkirakan akan bergerak naik tipis. Hal itu seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomin Darmin Nasution di Jakarta Rabu (26/6).

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu melihatnya secara positif atas kondisi ekonomi Indonesia. Dia meyakini, ekonomi Indonesia akan tumbuh ke depannya. “Ekonomi global belum pulih artinya pertumbuhannya perkiraan masih terus arahnya melambat, perdagangan kita lebih baik melihat positifnya saja,” ujar Darmin. Dia melanjutkan, bahwa ekonomi Indonesia hingga akhir tahun 2019 nanti akan terus tumbuh, meski tidak terlalu tinggi.

“Kita akhiri pertumbuhan ekonomi 5,17 persen di 2018, yang tadinya di 2015 4,88 persen. Meningkat sedikit-sedikit tapi tidak stagnan apalagi turun,” tutur Darmin.

Dengan ekonomi naik sedikit, posisi inflasi menjadi stabil di angka 3-3,5 persen, dibandingkan saat orde baru inflasi menapai double digit.

“Di zaman orde baru inflasi jarang sekali di bawah 10 persen, kalau tidak salah 5-10 tahun tahun lalu berkisar 6-7-8 persen. Sementara sekarang ini kita bisa menahannya di angka 3-3,5 persen,” ujar dia.

Klaim dia, atas kondisi demikian untuk indikator sosial seperti tingkat kemiskinan dapat ditekan hingga saat ini di bawah 10 persen. “Pertumbuhan baik, inflasi baik, kemiskinan turun, gini rasio turun. Itu tidak banyak negara yang bisa mencapai itu,” ucap Darmin. Gubernur BI Perry Warjiyo memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal kedua jalan di tempat. Proyeksi BI, pertumbuhan tidak jauh berbeda pada kuartal sebelumnya sebesar 5,07 persen.

“Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak negatif perlambatan ekonomi dunia akibat ketegangan hubungan dagang,” kata dia. Ekspor juga diperkirakan mengalami penurunan. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.